Skuad Jepang Tinggalkan Ruang Ganti Stadion dengan Bersih Berkilap

Ruang ganti squad Jepang yang terloihat bersih
Ruang ganti squad Jepang yang terloihat bersih. (Foto: Twitter Fifa)

JAKARTA,MENITINI.COM-Bukan hanya suporternya, pemain Timnas Jepang pun melakukan hal yang sama melakukan bersih-bersih ruang ganti setelah pertandingan melawan Jerman dalam Piala Dunia 2022 Qatar.

Timnas Jepang berhasil mengawali kiprah mereka di Piala Dunia 2022 dengan kemenangan mengejutkan atas Jerman di laga Grup E yang digelar di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB.

Sempat tertinggal lewat gol penalti Ilkay Gundogan, Jepang mampu berbalik unggul 2-1 berkat gol yang dicetak Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano pada menit ke-83.

Tidak hanya sampai di situ saja kejutan yang dibuat Jepang di Piala Dunia 2022. Sebuah kejutan lagi dilakukan oleh Takuma Asano dkk. saat meninggalkan Khalifa International Stadium, Al Rayyan.

BACA JUGA:  Anggota Dewan Ini Minta Pemerintah Perlu Permudah 'Nobar' Piala Dunia, Ini Alasannya

Kejutan itu adalah begitu bersihnya ruang ganti stadion tersebut. Sportbible mengunggah foto suasana ruang ganti yang ditinggalkan Jepang dan menuliskan, “Jepang meninggalkan ruang ganti mereka tanpa noda setelah kemenangan Piala Dunia yang luar biasa atas Jerman. Cemerlang!”

Aksi yang dilakukan para pemain Timnas Jepang di ruang ganti Piala Dunia 2022 ini bukanlah yang pertama. Dalam laga terakhir mereka di Piala Dunia 2018, tepatnya di babak 16 besar, hal serupa juga dilakukan oleh para pemain dari tim berjulukan Samurai Biru itu.

Dalam laga tersebut, Jepang kalah 2-3 dari Belgia dan harus angkat koper dari Rusia. Namun, kesan positif diperlihatkan baik oleh para suporter maupun pemain mereka.

BACA JUGA:  Timnas Indonesia U-17 Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Saat itu para suporter Jepang meninggalkan stadion dengan aksi bersih-bersih lebih dulu. Mereka memungut sampah yang berserakan di tribune.

Tak hanya itu, para pemain Jepang juga meninggalkan ruang ganti Rostov Arena di Rostov-on-Don, Rusia, dengan kebersihan yang luar biasa.

Saat itu, seorang volunteer FIFA mengabadikan kondisi ruang ganti yang sangat bersih dengan secarik kertas pesan bertuliskan ‘terima kasih’ dalam bahasa dan huruf Rusia.
Setelah aksi yang viral ketika membersihkan tribune stadion setelah pembukaan Piala Dunia 2022, suporter Jepang juga melakukan hal yang sama setelah melihat tim kesayangannya melumat Jerman dengan skor 2-1.

Para penggemar Jepang itu tampak mengumpulkan sampah-sampah sisa makanan yang dibawa para suporter yang datang ke Khalifa International Stadium dengan kantong plastik berwarna biru dan putih.

BACA JUGA:  Mengejutkan, Argentina Takluk oleh Arab Saudi

Aksi yang dilakukan suporter Jepang sejak pembukaan Piala Dunia 2022 ini memang mencuri perhatian dan mendapatkan pujian dari seluruh dunia di media sosial.

Sumber: Bola.com