Sebanyak 63 Rumah Rusak akibat Bencana Banjir dan Longsor di Purabaya

BPBD bersama relawan PMI Kabupaten Sukabumi yang dibantu warga tengah membersihkan lumpur dan lainnya pasca-bencana banjir yang terjadi Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jabar
BPBD bersama relawan PMI Kabupaten Sukabumi yang dibantu warga tengah membersihkan lumpur dan lainnya pasca-bencana banjir yang terjadi Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jabar. Foto: ANTARA/Aditya Rohman)

SUKABUMI,MENITINI.COM-Jumlah rumah yang rusak akibat bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat, (7/10) hingga Minggu, (9/10) mencapai 63 unit, laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

“BPBD bersama relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi hingga saat ini masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Purabaya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan Saputra di Sukabumi, Minggu (9/10/2022) seperti dikutip ANTARA.

Rincian jumlah rumah yang rusak sesuai data dari BPBD setempat untuk bencana banjir di Desa Purabaya yakni jumlah rumah terendam sebanyak 152 unit dengan jumlah warga yang terdampak 183 kepala keluarga (KK) atau 586 jiwa. Kemudian rumah yang rusak pada kategori rusak ringan sebanyak 17 unit, rusak sedang enam unit dan rusak berat dua unit.

BACA JUGA:  Di Beberapa Wilayah Ini, Masyarakat Diimbau Waspada Banjir dan Longosr

Selanjutnya di Desa Neglasari jumlah warga yang terdampak bencana banjir sebanyak 102 KK atau 374 jiwa dan untuk kerusakan rumah sebanyak 18 unit rusak ringan, tujuh unit rusak sedang dan delapan unit rusak berat.

Sementara bencana tanah longsor terjadi di Desa Margaluyu dengan jumlah warga yang terdampak 18 KK atau 43 jiwa kemudian untuk rumah yang rusak sebanyak tiga unit dan rusak berat dua unit.

Di tempat yang sama Staf Humas PMI Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin, mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan ada korban jiwa akibat bencana banjir maupun tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Purabaya tersebut. Bantuan darurat untuk para penyintas bencana sudah mulai berdatangan dari berbagai lembaga dan komunitas warga.

BACA JUGA:  Breaking News! BNPB : Waspada Sejumlah Daerah Potensi Banjir Selasa 23 Pebruari 2021

Dari total warga yang terdampak 204 orang di antaranya merupakan anak-anak, ibu hamil dua orang dan warga yang sudah lanjut usia (lansia) sebanyak 70 orang. Beberapa warga yang rumahnya rusak mengungsi ke rumah kerabatnya terdekat, namun demikian Forkopimcam Purabaya pun sudah menyiapkan pengungsian di Gedung Olah Raga (GOR) Desa Purabaya.

Sumber: ANTARA