Ratusan Turis Asing Lepas Tukik di Pantai Kuta, Begini Antrian

KUTA, MENITINI.COM – Sebanyak 500 turis asing melepas 180 tukik di Pantai Kuta,  Rabu (5/7) Jumlah wisatawan asing melepas tukik ini terbanyak dalam lima tahun terakhir. “Jumlah turis asing mencapai 500 orang yang ikut melepas tukik di Pantai Kuta,” kata I Gusti Ngurah Tresna Pengelolaan Pusat Konservasi Penyu Pantai Kuta.

Menurutnya, tukik itu telah ditangkar di Kuta Beach Sea Turtle. Tukik yang dilepas saat itu berjumlah 180 ekor. “Cukup banyak wisatawan tidak kebagian, tapi mereka antusias menyaksikan pelepasan tukik,”ujarnya.
 
Ia menjelaskan, penyu yang bertelur di sepanjang pantai Kuta, Legian, dan Seminyak biasanya terjadi pada bulan Maret sampai Oktober. Telur penyu tersebut kemudian dibawa ke tempat pusat konservasi Kuta Sea Turtle, untuk proses penetasan. Tempat tersebut juga dipergunakan sebagai tempat edukasi bagi wisatawan, untuk menjaga keberadaan penyu.
 
Tempat konservasi itu telah berdiri selama 22 tahun. Setelah pihaknya bersama relawan lain konsisten melakukan pelestarian, dengan dibarengi edukasi kepada masyarakat.  Lanjutnya, semakin lama, semakin bertambah banyak telur penyu yang diselamatkan, dari sejumlah pantai.
 
Tentu hal ini membuktikan keberhasilan dalam melestarikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat. “Dalam pelepasan tukik, kami tetap berkolaborasi dengan pemerintah dalam hal ini BKSDA Bali,” kata pria yang akrab disapa Gung Aji. (M-003)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Pajak Hiburan Naik 40 Persen, Pengacara Rp 30 Miliar Bilang Begini
Temukan dan ikuti Berita-berita Menitini di Google Berita

Berita Lainnya: