Pura Ciwa Stana Giri Diresmikan, Pandita Ida Dharma Cadu Sidhi sampaikan Terima Kasih kepada Pemprov Maluku

AMBON, MENITINI.COM-Pandita Ida Dharma dari Nusa Penida, Bali turut menghadiri acara peresmian Pura Ciwa Stana Giri yang terletak di kawasan Taman Makmur, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, Minggu (5/2/2023) sore.

Pandita Ida Dharma Cadu Sidhi dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku, Gubernur Murad Ismail dan jajarannya yang sudah banyak membantu hingga pelaksanaan peresmian Pura Ciwa Stana Giri.

“Ida Dharma juga menyampaikan terima kasih, karena selama berada di Kota Ambon, dinilai sangat menyenangkan. Daerah ini sejuk dan penuh keramahtamahan. Sekali lagi, terimakasih kepada Pemprov Maluku, Bapak Gubernur dan Ibu, para tokoh agama dan masyarakat Maluku atas semua ini,” ungkapnya.

BACA JUGA:  JPU Tuntut Dua Anggota Polisi 8 Tahun Penjara

Pada kesempatan itu, Ida Darma Cadu Sidhi mengatakan, agama apapun Tuhan hanya satu, yang berbeda adalah keyakinan masing-masing.

“Kita dalam berbagai agama, berbagai keyakinan, tetapi Tuhan adalah satu. Hanya keyakinan kita yang berbeda semuanya adalah sama. Semoga saja kita selalu bisa berjabat tangan, bisa berangkul tangan untuk menjaga kekuatan-kekuatan yang ada di Maluku dengan pimpinan pimpinan yang ada,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Parisada Maluku Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Maluku, Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc mengatan, kondisi pura ini awalnya terjadi peregangan akibat kena gempa di Kota Ambon beberapa tahun lalu, sehingga hampir seluruh bagian pura, rumah hampir roboh.

“Dan atas inisisasi oleh sesepuh dan dukungan Pemerintah Provinsi Maluku dan seluruh sukarelawan yang ada di seluruh Indonesia turut membangun pura ini. Olehnya itu, sebagai pimpinan umat Hindu di Maluku, kami menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku, bapak Murad Ismail, karena tahun 2021 telah dibantu renovasi dan ternyata dilanjut juga di tahun 2022 dan akhirnya rampung pembangunannya,” ucap Sutapa. (M-009).