Presiden Lantik Mardiono Jadi Utusan Khusus Bidang Pengentasan Kemiskinan

Presiden Jokowi melantik Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden.(Foto: Detik.com/Kanavino)
Presiden Jokowi melantik Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden.

JAKARTA,MENITINI.COM– Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik M Mardiono menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022). Mardiono sebelumnya merupakan anggota Wantimpres.

Selain melantik Mardiono, Jokowi juga menyaksikan acara pengucapan sumpah jabatan Guntur Hamzah sebagai Hakim Konstitusi.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud Md, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin, Ketua Wantimpres Wiranto, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, hingga Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD Negara demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti Mardiono.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Apresiasi Menteri ATR Selesaikan Konflik Agraria Suku Anak Dalam

Sebelumnya, Mardiono menyatakan dirinya bakal mengundurkan diri dari Wantimpres sebelum Desember 2022. Pengunduran itu dilakukan lantaran dirinya terpilih menjadi Plt Ketua Umum PPP.

“Sebelum Desember saya sudah mengundurkan diri,” kata Mardiono kepada wartawan di kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10). Meski masih berstatus Plt, Mardiono mengatakan memiliki kewenangan sama seperti jabatan ketua umum definitif. Hal itu sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPP.

Sumber: Detik.com