Presiden Jokowi Apresiasi Pembinaan Cabang Olahraga Atletik dari Tingkat Daerah

Presiden Joko Widodo menyaksikan pertandingan cabang olahraga lari estafet regu putra dan putri dalam kompetisi Student Athletics Championship (SAC) Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Jumat (13/1/2023) (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pertandingan cabang olahraga lari estafet regu putra dan putri dalam kompetisi Student Athletics Championship (SAC) Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Jumat (13/1/2023).

Dalam keterangannya, Presiden mengapresiasi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dalam melakukan pembinaan cabang olahraga atletik dari tingkat daerah.

“Sepak bola tanpa sebuah speed atau kecepatan lari, kalah. Futsal juga perlu atletik. Semuanya basic-nya ada di sini, sehingga saya sangat mengapresiasi, menghargai apa yang telah dilakukan oleh PASI. Pembinaan dari bawah, pembinaan dari daerah, pembinaan dari sekolah, pembinaan dari madrasah, bagus sekali,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden menilai bahwa pembinaan dari daerah sangat penting dilakukan untuk dapat menyaring bibit-bibit di daerah yang memiliki kemampuan terbaik. Selain itu, Presiden melanjutkan, bibit-bibit terbaik tersebut kemudian akan dibina secara khusus oleh PASI.

BACA JUGA:  Lepas Kontingen SEA Games 2021, Jokowi: Kita Harus Peringkat 3, 2, atau 1!

“Ini saya sangat senang sekali apa yang dilakukan oleh PASI ini pembinaan dari bawah, pembinaan dari sekolah-sekolah, pembinaan dari madrasah-madrasah yang kompetisinya ada di daerah-daerah. Dari situlah nanti penjaringan bibit-bibit itu akan kelihatan, mana yang bagus ini, Banyuwangi, Jawa Timur, Sumatra Utara, tinggal ngambil PASI. Yang bagus-bagus dibina khusus di PASI,” tutur Kepala Negara.

Lebih lanjut, Kepala Negara meminta agar pembinaan dari tingkat paling bawah tidak hanya dilakukan oleh PASI, tetapi juga dilakukan oleh persatuan cabang olahraga lainnya.

“Ini saya kira mestinya tidak hanya di PASI saja, bisa dilakukan di seluruh cabang olahraga dimulai dari tingkat yang paling bawah, entah tingkat kampung, entah tingkat kecamatan, entah tingkat desa, semuanya,” ujar Presiden Jokowi.

BACA JUGA:  Liga Inggris, Manchester United Kalahkan Liverpool 2-1

Turut hadir pula yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (M-011)

Editor: UIA