Rabu, 29 Mei, 2024
Ilustrasi gempa bumi

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: ist)

Peringatan tsunami atas Samoa Amerika sudah dicabut setelah kawasan antara Samoa Amerika dan Tonga diguncang gempa bermagnitudo 6,7 pada Minggu (4/12/2022).

JAKARTA,MENITINI.COM-Peringatan tsunami atas Samoa Amerika sudah dicabut setelah kawasan antara Samoa Amerika dan Tonga diguncang gempa bermagnitudo 6,7 pada Minggu (4/12/2022).

Gempa terjadi di bawah laut pada kedalaman 36 kilometer, di sekitar 269,2 kilometer selatan dan barat daya Tafuna di Samoa Amerika, menurut badan keilmuan pemerintah Amerika Serikat United States Geological Survey dilansir dari Berita ANTARA. Pusat gempa berada di sekitar 108 kilometer sebelah selatan utara dan timur laut Hihifo di Tonga.

“Berdasarkan semua data yang ada, tidak ada ancaman berlanjut bagi Samoa Amerika dari gempa ini,” kata Pasific Tsunami Warning Center, pusat peringatan tsunami yang dioperasikan oleh badan pemerintah AS NOAA. Belum ada laporan soal kerusakan ataupun orang yang mengalami luka, menurut media massa setempat.

BACA JUGA:  Gempa 5,5 Mengguncang Sumbawa,Terasa di Denpasar

Pada Januari tahun ini, letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha’apai memicu tsunami, yang menghancurkan desa-desa dan tempat-tempat wisata di Tonga di kawasan yang sama.

Letusan dan tsunami itu juga menyebabkan komunikasi di negara berpenduduk sekitar 105.000 jiwa itu terputus. Sedikitnya ada enam orang yang tewas dalam bencana itu.

Editor: Ton

Sumber: ANTARA