Senin, 15 Juli, 2024
Prabowo Subianto saat bertandang ke kediaman Cak Imin.

Prabowo Subianto saat bertandang ke kediaman Cak Imin. (Foto: RMOL)

JAKARTA,MENITINI.COM-Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo dan jajarannya bertandang ke kediaman Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) n Minggu (9/7/2023), memunculkan berbagai tafsir politik. Apalagi pertemuan antara Prabowo dan Cak Imin memakan waktu hingga 3 jam.

Dilansir Kantor Berita Politik RMOL.ID, pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Andi Yusran mengatakan bahwa silaturahmi politik Prabowo ke Cak Imin sejatinya dilihat sebagai upaya Prabowo menjaga soliditas koalisi.

Andi Yusran berpendapat, pertemuan tersebut penting bagi Prabowo karena Cak Imin dan PKB memiliki basis pendukung di basis massa Nahdlatul Ulama (NU). Keberadaan PKB di koalisi Gerindra penting untuk memberi warna Islam, mengingat Prabowo partainya secara ideologis diidentifikasi sebagai partai nasionalis sekuler. “Tanpa PKB, koalisi Prabowo sulit meraup suara dari kubu Islam, terutama Islam santri,” ujar Andi Yusran seperti dikutip dari RMOL, Senin (10/7/2023).

BACA JUGA:  Pidato Megawati, Sinyal PDIP Berada di Luar Pemerintahan

Dalam pandangan Direktur Lanskap Politik Indonesia (LPI) itu, Prabowo mendatangi Cak Imin karena orang nomor satu di PKB itu akan bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Apalagi, kabar rencana pertemuan muncul usai ada pertemuan elite PKB dan PDIP di Kantor DPR RI.
“Pertemuan tersebut bagian dari menjaga soliditas koalisi sehingga bisa memberi pesan Ke Cak Imin untuk tidak perlu bicara politik koalisi dengan Megawati,” ujarnya. (M-003)

  • Editor: Daton
Temukan dan ikuti Berita-berita Menitini di Google Berita

Berita Lainnya:

BACA JUGA:  Sekretaris DPC PDIP KKT,  Berkas Adolf Bormasa Balon Bupati Tanimbar Dinyatakan Lengkap