Pengamat Asing Sebut Indonesia Pantas Difavoritkan Juara Piala ASEAN Cup

JAKARTA,MENITINI.COM-Ryan Walters, seorang pengamat sepak bola asing, menyebut Timnas Indonesia pantas difavoritkan menjadi juara Piala ASEAN Cup (piala AFF).

Walters mengatakan Timnas Indonesia layak untuk menjadi kandidat juara setelah dua kali beruntun mengalahkan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Timnas Indonesia punya skuad yang bagus dan menjadi kantor juara Piala AFF (ASEAN Cup) tahun ini, meski mereka terlihat tidak terlalu kuat untuk menang dua kali beruntun atas Vietnam,” kata Walters seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Piala AFF 2024 berubah nama menjadi ASEAN Cup tahun ini. Turnamen sepak bola paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara itu bakal digelar 23 November hingga 21 Desember 2024. Drawing ASEAN Cup 2024 bakal berlangsung pada 21 Mei di Hanoi, Vietnam.

BACA JUGA:  Ini Kriteria Pemain untuk Tim U-17 Wanita

Timnas Indonesia hingga kini belum mampu merebut gelar Piala AFF. Tim Garuda menjadi tim yang paling banyak menjadi runner-up, yakni enam kali.

Walters yang banyak fokus di Liga Korea Selatan, K League, kemudian menyebut kegagalan Vietnam saat melawan Timnas Indonesia hingga Philippe Troussier dipecat bukan hanya kesalahan pelatih.

“Para pemain harus bercermin untuk waktu yang lama, lalu menjelaskan kepada diri mereka sendiri mengapa tim berada dalam situasi saat ini,” ucap Walters.

“Vietnam jelas sedang berada dalam masa transisi generasi, dan para pemain harus menunjukkan kualitas tim mereka. Tentu saja tugas ini lebih sulit ketika mereka ditempatkan dalam sistem yang tidak tepat,” tutur Walters.

  • Editor: Daton