Penerbangan Makau-Jakarta Dibuka, Menparekraf Berharap Jumlah Wisman Meningkat Setelah

JAKARTA,MENITINI.COM-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut antusias penerbangan langsung perdana Air Macau dengan rute Makau-Jakarta. Sandiaga mengharapkan, pembukaan rute tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (29/11/2023), Sandiaga menyampaikan, pendaratan pesawat Air Macau di Jakarta menjadi tanda dibukanya rute penerbangan langsung dari Makau ke Indonesia. Penerbangan langsung memang dibutuhkan oleh wisatawan untuk menjangkau destinasi dengan mudah. Sebab konektivitas menjadi kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia.

“Terlebih penerbangan langsung dari Makau ke Indonesia telah lama dinantikan agar jumlah wisman meningkat sehingga dapat berkontribusi pada devisa dari sektor pariwisata sekaligus menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” ujar Menparekraf.

BACA JUGA:  Qatar Airways Perbarui Kemitraan dengan FIFA Hingga 2030

Maskapai Air Macau beroperasi enam kali dalam sepekan. Untuk rute Makau-Jakarta penerbangan setiap Selasa, Kamis, Minggu dan berangkat dari Makau pukul 12.25 lalu tiba di Jakarta pukul 16.20. Sedangkan rute Jakarta-Makau penerbangan setiap Selasa, Kamis, Minggu dan berangkat dari Jakarta pukul 17.20 lalu tiba di Makau pukul 23.10.

“Ke depan, diyakini akan lebih banyak lagi maskapai yang membuka rute penerbangan langsung. Mengingat tren pasar wisatawan mancanegara asal Makau mulai meningkat. Di samping itu, Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal Makau dengan keindahan alam dan kemiripan budayanya,” ujar Sandiaga.

Penyambutan penerbangan langsung ini dilakukan melalui kegiatan “Inaugural Flight Air Macau” yang telah dilaksanakan pada Selasa, 28 November 2023 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kegiatan ini pun didukung penuh oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

BACA JUGA:  Awal 2024, Super Air JetBuka Rute Baru Makassar - Samarinda

Rute penerbangan langsung tersebut menggunakan Airbus A320 nomor NX910 yang berangkat dari Makau pada pukul 12.25 waktu setempat dan mendarat di Jakarta pukul 16.20 WIB. Dan membawa sekitar 150 penumpang.

Setibanya di Terminal 3, para penumpang disambut oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini dan Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Wisnu Sindhutrisno. Kemudian penumpang disuguhi tarian kontemporer nuansa tradisional Betawi dari Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Para penumpang juga mendapatkan suvenir Wonderful Indonesia.

Industri pariwisata Asianlinks Travel Services (wholesaler) turut berkolaborasi dalam rangkaian aktivitas promosi Inaugural Flight Air Macau, dengan menyelenggarakan Travel Agent Gathering pada 28—30 November 2023.

BACA JUGA:  Amartha Gelar Kegiatan Donor Darah dan Kelas Literasi Keuangan & Digital di Jember

Asianlinks Travel Services juga mempersiapkan paket tur regular untuk turis asal Makau dan Tiongkok ke beragam tempat di Indonesia seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta-Prambanan, Magelang-Borobudur, Solo, Semarang, Surabaya, Belitung, Medan, dan lain-lain.

  • Sumber: Kemenparekraf
  • Editor: Daton