Rabu, 29 Mei, 2024
Ilustrasi Kapal Pelni.

Ilustrasi Kapal Pelni. (Foto: Net)

AMBON,MENITINI.COM-PT Pelni telah menyiapakan 17 unit kapal untuk mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di Maluku. Kepala PT Pelni Cabang Ambon Ilham mengatakan, tujuh dari 17 kapal yang dioperasikan itu merupakan kapal perintis.

“Ada 17 kapal yang siap untuk dioperasikan, 10 kapal penumpang dan tujuh kapal perintis,” kata Ilham di Pelabuhan Ambon, Senin (3/4/2023).

Saat ini, kata Ilham, belum ada tanda-tanda lonjakan pemudik Lebaran di Pelabuhan Ambon. Ia memprediksi lonjakan pemudik di Pelabuhan Ambon terjadi pada H-15 Lebaran 2023.

Menurutnya, saat puncak mudik Lebaran, akan terjadi lonjakan penumpang yang menggunakan jasa kapal Pelni sebesar 20 persen.

“Untuk saat ini masih normal, diprediksi tanggal 17 April ada kenaikan 20 persen,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sambut  Idul Fitri, Pemkab Jembrana Gelar Pasar Murah di Enam Titik Lokasi

Ilham juga mengimbau masyarakat yang hendak bepergian hendaknya memesan tiket dari jauh hari. Sehingga, PT Pelni bisa menghitung tambahan tiket atau dispensasi sesuai kebutuhan.

“Saya imbau kepada para calon penumpang agar belilah tiket jauh-jauh hari supaya kita bisa prediksi dan mengantisipasi,mudah-mudahan ada dispensasi penumpang sesuai kebutuhan,” ingatnya.

Sementara itu, Manager Operasional PT Pelni Cabang Ambon Muhammad Assagaff menambahkan, puncak mudik lebaran melalui Pelabuhan Ambon diprediksi akan mulai terjadi pada H-15 jelang lebaran. “Puncak mudiknya itu kita prediksi mulai H-15 sampai arus balik H+15,” ucapnya.

Terkait masalah dispensasi atau penambahan tiket, Assagaff mengaku akan diterapkan jika jumlah penumpang membeludak.

“Kita bisa cover, kita juga dikasi dispensasi penumpang oleh KSOP untuk tambahan penumpang non seat,” ujarnya. (M-009)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Pimpin SKP, Presiden Jokowi Tekankan Kesiapan Ramadan dan Penyusunan RAPBN 2025