Ooo.. Ternyata Ini yang Bikin Ngantuk Setelah Makan

Ilustrasi menguap. (foto: pexels)

JAKARTA,MENITINI.COM- Pakar Gizi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta Irtya Qiyamulail menjelaskan alasan mengapa bisa mengantuk usai makan, termasuk setelah berbuka puasa dan sahur karena adanya perubahan hormon tubuh dan penurunan aliran darah ke otak.

Dilansir dari Antararanews, Irtya Qiyamulail menjelaskan perasaan mengantuk setelah makan bisa disebabkan oleh perubahan hormon di tubuh dan adanya perubahan alirah darah di otak.


Lebih lanjut, Irtya yang juga tergabung dalam Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) itu mengatakan, ketika Anda makan, maka pencernaan di tubuh akan bekerja. Aliran darah pun akan lebih banyak dialihkan ke sistem pencernaan agar dapat terproses dengan baik.

“Ketika hal ini terjadi, aliran darah di otak akan berkurang dan menyebabkan perasaan mengantuk,” ujar dia. Oleh karena itu, dia tak menyarankan Anda makan dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan perasaan mengantuk. Anda sebaiknya mengonsumsi makan dalam jumlah sedikit tetapi sering.

Di sisi lain, jenis makanan yang Anda santap juga berhubungan dengan munculnya rasa kantuk. Irtya menuturkan, makanan yang tinggi kandungan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana misalnya yang mengandung tinggi gula termasuk yang bisa menyebabkan kantuk usai dikonsumsi. Selain itu, makanan dengan kandungan asam amino triptofan yang biasanya ada pada makanan tinggi protein juga dapat memicu produksi serotonin yang berperan besar terhadap rasa kantuk.

BACA JUGA:  Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa Dangin Puri, RSU Bhakti Rahayu Support Posyandu di Banjar-banjar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*