Mulai Oktober, iPhone 5 Tak Bisa lagi Gunakan Whatsapp

(foto: The Verge)

JAKARTA,MENITINI.COM- Whatsapp dikabarkan akan menghentikan kompatibilitas iOS 10 dan 11. Para pengguna ponsel yang menggunakan iOS itu, yakni iPhone 5 dan 5c, tak akan bisa lagi menggunakan Whatsapp mulai Oktober.
Melansir 9to5mac, para pengguna yang saat ini masih menggunakan iOS 10 dan iOS 11 diminta segera melakukan update maksimal 24 Oktober 2022. Jika tidak, pengguna tidak bisa lagi menjalankan Whatsapp di perangkat mereka.
Namun untuk pengguna iPhone 5 dan 5c yang hanya maksimal iOS 10 diimbau mengganti ponsel ter-update bila tetap mau menggunakan Whatsapp.

“Saat ini, kami menyediakan dukungan untuk dan direkomendasikan menggunakan gawai berikut: Android OS 4.1 dan terbaru, iphone iOS 12 dan terbaru, KaiOS 2.5.0 dan terbaru, termasuk JiOPhone dan JiPhone 2,” tulis Whatsapp dalam halaman FAQ.

Menurut WEBetaInfo, Whatsapp sudah memberi peringatan kepada pengguna iPhone iOS 10 dan iOS 11 bahwa mereka harus update agar bisa tetap menggunakan Whatsapp setelah 24 Oktober.

BACA JUGA:  Menuju TV Digital, Pembagian STB Gratis di Bali Mulai Digelar. Ini Syaratnya

“Whatsapp akan menghentikan dukungan untuk iOS setelah 24 Oktober 2022,” demikian keterangan dari Whatsapp dari tangkapan layar peringatan kepada pengguna.

“Mohon pergi ke Setelan > Umum, kemudian klik Perbarui Perangkat Lunak untuk mendapatkan versi iOS terkini,” tulis mereka lagi.

Beda dari pengguna iPhone 5 dan 5c, para pengguna iPhone 6 dan 6s tidak perlu khawatir karena Whatsapp memastikan layanan mereka akan tetap berjalan di iOS 12.

Mengutip Yahoo Finance, iPhone 5 dan iPhone5c sudah berumur 10 tahun saat ini. Pengumuman Whatsapp ini diprediksi tak berdampak kepada banyak orang.

Pasalnya, sudah banyak pengguna Apple yang memperbarui perangkat mereka. Saat ini, iPhone sendiri sudah sampai ke versi iPhone 13.

Iphone 5 dan 5c dirilis pada 2012 dengan dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm. Ponsel tersebut memiliki berat 112 gram dengan resolusi layar 640 x 1136 pixel.

BACA JUGA:  Elon Musk Akui Ada diskusi Proyek Masa Depan dengan Jokowi

Beberapa perbedaan dari dua versi ini antara lain pada Iphone 5c memiliki bahan polikarbonat dan fitur New Face Time HD pada kamera depan. Iphone 5C juga memiliki bobot yang lebih berat dan tebal.

Di sisi lain, Apple telah merilis iOS 15.5 pada Senin (16/5) yang memuat sejumlah pembaruan di iPhone. Beberapa pembaruan yang disebut antara lain penyesuaian bobot aplikasi hingga pembaruan podcast dan fitur galeri foto.

Hanya saja, tidak semua iPhone bisa menerima versi baru ini. Update ini hanya tersedia pada ponsel seri paling tua, yaitu iPhone 6s hingga yang terbaru iPhone 13.

Sumber: CNNIndonesia

Editor: Ton

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*