Lonjakan Mudik di Terminal Mengwi Mulai Nampak, Pemudik Dominan ke Jawa Timur

BADUNG, MENITINI.COM– Beberapa hari jelang hari raya Idul Fitri, pergerakan arus mudik Lebaran di Terminal Tipe A Mengwi, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi mulai terlihat.

Kenaikan penumpang itu sudah terlihat sejak 29 maret 2024 lalu.  “Lonjakan angkutan lebaran di Terminal Tipe A Mengwi ini sudah mulai terlihat dari tanggal 29 Maret 2024, yang mana sudah ada kenaikan dibanding hari-hari normal. Dari yang biasanya 50 armada, sekarang bisa mencapai 70-an armada yang berangkat,” kata Pengawas Terminal Tipe A Mengwi, Ardani Nirwesthi, Selasa (2/4/2024).

Sedangkan jika dilihat dari jumlah penumpang, kata Ardani, juga melonjak, dari yang biasanya 700 penumpang di hari biasa, kini rata-rata 2.000 penumpang.

BACA JUGA:  Pastikan Keamanan Idul Fitri, Polresta Denpasar Menggelar Rapat Koordinasi

Para pemudik dominan mudik ke wilayah Jawa Timur, diikuti Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Ardani menyebut, puncak arus mudik diperkirakan pada 6-7 April 2024, mengingat Cuti Bersama Lebaran baru dimulai pada 8 April 2024.

“Yang sekarang mudik lebih dulu ini kemungkinan pemudik yang tidak terikat waktu kerja dengan instansi atau perusahaan. Sedangkan pegawai-pegawai seperti itu mengikuti libur dan cuti bersama yang ditetapkan. Sehingga kami prediksi tanggal 6-7 April itu jadi puncak arus mudik, dengan keberangkatan lebih dari 2.000 penumpang,” kata Ardani.

Lebih lanjut dijelaskan, terkait kesiapan angkutan, pihak Terminal Tipe A Mengwi juga menyiagakan sebanyak enam petugas untuk melakukan ramp check bus yang akan berangkat.

BACA JUGA:  Besok Digelar Sidang Isbat, Lebaran Idulfitri 2024 Diprediksi Jatuh pada 10 April

Ramp check meliputi pemeriksaan unsur teknis seperti lampu penerangan, rem, badan kendaraan, kondisi ban, perlengkapan, klakson, dan lainnya yang diatur berpedoman pada Peraturan Kementerian Perhubungan. Ramp check ini untuk memastikan bus laik jalan.

“Kami sudah bersurat ke semua PO yang ada di Bali untuk melakukan ramp check di Terminal Tipe A Mengwi. Sudah kami sampaikan di tanggal 21 Februari – 31 Maret 2024. Total ada 69 bus AKAP dan 37 bus pariwisata yang dinyatakan laik jalan. Untuk yang tidak layak jalan, kami berikan surat peringatan untuk perbaikan agar sesuai dengan ketentuan,” tandasnya. (M-003)

  • Editor: Daton