Minggu, 26 Mei, 2024

Dua Lokasi longsor; di Desa Latta, RT 11-RW 04 Kecamatan Teluk Ambon, Baguala dan di Gunung Malintang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, RT-004, Lorong Arjuna. (Foto: M-009)

AMBON, MENITINI.COM-Hujan deras mengguyur Kota Ambon dalam beberapa hari terakhir ini menimbulkan banjir, longsor, dan pohon tumbang. Bencana alam itu menghantam wilayah Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, dan Baguala.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy mengungkapkan, bencana alam terjadi tiga kecamatan tersebut.

“Longsor dan pohon tumbang terjadi di kecamatan Sirimau, Nusaniwe, dan Baguala. Tepatnya berada di Kayu Putih, Soya, Wara dan BTN Manusela, Desa Batumerah, Skip, Amantelu, Batumeja, Siwang, Mangga Dua, Passo dan Karang Panjang, jelas Fahmi kepada  awak media, Senin (13/5/2024).

Dikatakan, bencana alam yang terjadi di beberapa tempat itu, tidak sampai menghancurkan bangunan rumah warga.

“Bencana alam baik longsor, maupun pohon tumbang sesuai data sementara yang kita peroleh, ada beberapa keluarga yang mengalami dampak dari bencana tersebut antaralain, Keluarga Fredy Wattimena, dan Nyong Nanlohy Fredy Wattimena di Karpan. Itu longsor sampnig rumah. Kemudian ke- luarga Ronald Patotnem dan Yusup Melmambessy, di RT/RW 005/005, Amantelu,” ujar Fahmi. 

BACA JUGA:  Sebanyak 50 Orang Disebut Tertimbun Runtuhan Batu Gunung saat Gempa Taiwan

“Hal yang sama, juga di alami Melkias Pieter Tentua, RT/RW 003/002, Kelurahan Soya, serta keluarga Helmy Tandigoa Kelurahan Benteng RT/ RW 003/006,” kata Fahmi, menjelaskan.

Dikatakan, peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun ada sejumlah rumah alami rusak pada bagian atap.

“Tidak ada korban meninggal maupun sampai masuk Rumah Sakit, namun dari peristiwa itu mengakibatkan 11 Kepala Keluarga dan 41 jiwa mengungsi ke keluarga dekat mereka. Ada sekitar dua hingga tiga rumah warga yang alami rusak dibagian atap,” sebut Fahmi.

Dijelaskan, ada juga pohon yang tumbang, terjadi disejumlah ruas jalan utama kota Ambon, namun 

 hal itu langsung ditangani oleh tim BPBD dan Pemadam kebakaran,” terangnya.

BACA JUGA:  Seorang ASN di Kota Ambon, Meninggal Dunia di Kamar Hotel 

Fahmi mengaku, pihaknya kini sudah memberikan bantuan tanggap darurat kepada keluarga yang menjadi korban bencana alam.

“Seluruh korban bencana maupun warga yang terdampak bencana, sudah kita berikan bantuan tanggap darurat, seperti terpal, kemudian sekop, karung dan gerobak. Sedangkan bantuan makanan siap saji dan bantuan lainnya menjadi tanggungjawab Dinas Sosial,” ucap Fahmi.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengatakan, pihaknya sudah langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban bencana alam tersebut.

“Kita sudah memberikan bantuan makanan siap saji, dan tanggap darurat (bufferstock) untuk korban bencana,” kata Sirjhon.

Bantuan tersebut diserahkan langsung tim yang dipimpin Sekretaris Dinas Sosial Kota Ambon, Imelda Tahalele, ujar Sirjhon. 

BACA JUGA:  Peristiwa Terbaliknya Perahu di Kota Ambon, Ini Penyebabnya 

“Bantuan kita salurkan langsung oleh ibu Sekdis dibeberapa titik yang ada,” tutup Sirjhon. (M-009)

  • Editor: Daton

TERKAIT