Lantik Rini Atbar Jadi Pj Sekda Kota Tual, Ini yang Disampaikan Walikota Tual 

TUAL, MENITINI.COM -Pemerintah Kota Tual yang di nahkodai Pj Walikota Tual Hi. Akhmad Yani Renuat, S.Sos., M.Si., M.H melantik Rini Atbar, S.H., M.H sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tual.

Pelantikan ini berlangsung di Aula Kantor Walikota Tual, Rabu (20/12/2023), turut hadir  dalam acara pelantikan itu Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Forkopimda, para OPD lingkup Pemkot Tual, serta tamu undangan lainya.

Dalam kesempatan itu, Pj Walikota Tual mengatakan, kegiatan pengisian tugas dan jabatan memiliki momentum strategis. Pertama, secara organisatoris, bahwa pengisian kekosongan jabatan yang lowong merupakan proses amanah normal guna menjalankan kelembagaan yang dapat mendorong semangat kinerja individu dan berimpilikasi positif terhadap peningkatan kinerja organisasi.

Olehnya itu kata Pj Walikota Tual, secara fungsional, pengisian tugas jabatan yang dilandasi dengan semangat profesionalisme dan kompetensi, akan menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat secara lebih berdaya guna dan berhasil guna.

BACA JUGA:  Dukung Material Untuk Gereja, Satgas Yonif 721 Buktikan Kemanunggalan

“Dengan demikian maka mari kita pahami bahwa pelantikan pada kesempatan ini merupakan sebuah rangkaian proses perjalanan dalam pengabdian pada masyarakat kita. Hal ini juga kita ketahui bahwa memberi pesan penting kepada saudari Penjabat Sekretaris daerah guna menerjemahkan lebih lanjut dengan melalui kerja-kerja pemerintahan, pendekatan, profesionalisme, penuh kebijakasanaan dan kearifan dalam memimpin perangkat daerah,” sebutnya.

Di sisi lain, kata Pj Walikota Tual, pelantikan ini dapat pula dimaknai sebagai sebuah tantangan baru yang diamanahkan kepada Pj Sekda untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya.

“Sehingga pada gilirannya melalui tugas wewenang selaku penjabat Sekretaris Daerah, diharapkan dapat mendorong kinerja dan inovasi untuk bagi masing-masing perangkat daerah,” ujarnya.

“Tantangan kita kedepan dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat semakin berat, karena kita juga  menghadapi masa pemilihan umum. Diharapkan agar kita bisa  memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di daerah ini,” katanya. 

BACA JUGA:  Pradina Kurnia Sari Hidayah Dilantik sebagai Pejabat Fungsional Analis Hukum Ahli Muda pada Sekretariat Jenderal DPR RI

Dijelaskan, berbagai pengaruh tuntutan daya saing dalam dimensi eksternal berskala global, nasiornal dan lokal untuk memperkuat kerangka internal pemerintahan dalam menata reformasi birokrasi di semua aspek.

Selain itu, kita juga dihadapkan pada sejumlah tuntutan implementasi regulasi dan keseimbangan kearifan lokal yang perlu dilestarikan bersama untuk memperkaya khasanah budaya nusantara yang berbhineka tunggal ika.

“Namun demikian Saya sangat optimis bahwa bagaimanapun berat persoalan dan tantangan yang dihadapi, persatuan, solidaritas dan komitmen baik bersama adalah kunci kekuatan kita untuk mencairkan kebekuan dari berbagai hal,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya meminta semua pihak, khususnya jajaran pemerintah daerah kota Tual agar selalu membina hubungan kerjasama dan kemitraan yang sinergis dengan unsur legislatif, unsur Forum koordinasi Pimpinan Daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, insan pers, dan semua lapisan masyarakat dengan prinsip kebersamaan membangun visi Maren dan Ain Ni Ain.

BACA JUGA:  Jadi Penjabat Bupati Klungkung, Ini Sosok Nyoman Jendrika

“Kita berharap kedepan wajah kota tual tercinta ini makin menunjukkan kemajuan di berbagai bidang seperti pembangunan pendidikan, pangan, kesehatan, kesiapan sumberdaya pengembangan potensi daerah, serta infrastruktur,” jelasnya.

“Beberapa hari lagi kita memasuki hari natal dan masuk tahun baru 2024. Sejalan dengan itu, saya berpesan kepada kita semua, bahwa melalui momentum natal tahun 2023 dan tahun baru 2024, kita senantiasa memperkuat jalinan kerjasama, persatuan, tenggang jawab dan rasa spirit persaudaraan serta sikap saling menjaga kondusifitas daerah agar tetap terjaga,” imbuh Pj Walikota Tual. (M-009)

  • Editor: Daton