Kontribusi Presidensi G20 Indonesia, Lahirkan G20 Action for Strong and Inclusive Recovery Bali

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri. (Foto: Ist)

BADUNG,MENITINI.COM-Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan Presidensi G20 Indonesia sukses mencatatkan sejumlah pencapaian yakni kesepakatan di antara para negara anggota.

Di antara kesuksesan Indonesia dalam Keketuaan G20 tahun ini adalah disepakati dokumen yang dideklarasi berjudul “G20 Action for Strong and Inclusive Recovery”. “Nah di penghujung ini, kita lakukan negosiasi terpisah untuk apa yang dinamakan “G20 Action for Strong and Inklusive Recovery” document,” kata Menlu Retno dalam Talkshow yang digelar FMB9 16 November 2022.

Menlu Retno menjelaskan, dokumen deklarasi ini berisi daftar proyek yang disebut sebagai concrete deliverables. Dokumen ini merupakan persembahan Presidensi G20 Indonesia untuk dunia. Proyek proyek ini, Menlu Retno menjelaskan, ada proyek yang bersifat new projects atau proyek baru, ada yang berupa dukungan untuk existing projects hingga yang sifatnya extention dari existing project. “Selain itu, ada juga yang berbentuk hibah dan ada yang berbentuk capacity building, research development dan hingga investasi,”paparnya

BACA JUGA:  Penjinak Bom Polda Bali Sterilisasi Hotel yang Ditempati HoD dan Delegasi Luar Negeri

Menlu Retno menambahkan Presidensi G20 Indonesia merupakan keketuaan pertama yang berpikir dan berinisiatif mengenai concrete deliverables ini. “Jadi concrete deliverables yang judulnya adalah “G20 Action for Strong and Inclusive Recovery” itu sudah selesai dinegosiasikan. Prosesnya itu memerlukan 8 kali putaran negosiasi hingga mencapai titik kesepakatan di antara negara anggota,” ujarnya. (M-003)