‘Kejutan’ Timnas Maroko Dihentikan Prancis di Semifinal

Pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 antara Timnas Maroko melawan Prancis di Al Bayt Stadium, Qatar, Rabu (14/12/2022) waktu setempat.
Pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 antara Timnas Maroko melawan Prancis di Al Bayt Stadium, Qatar, Rabu (14/12/2022) waktu setempat. (Foto: AP Photo/Christophe Ena)

JAKARTA,MENITINI.COM-Timnas Maroko harus mengakui keunggulan Timnas Prancis setelah lini pertahanannya tak mampu membendung 2 gol dalam laga semifinal di Al Bayt Stadium, Al Khor, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB, sementara ‘Singa Atlas’ itu tak satupun gol dicetaknya.

Laga baru berjalan lima menit, Les Bleus langsung membuka keunggulan lewat gol akrobatik yang dicetak Theo Hernandez. Hingga babak pertama berakhir skor masih bertahan 1-0. Prancis kembali berhasil mengoleksi tambahan gol pada menit ke-79. Adalah Randal Kolo Muani yang baru saja masuk lapangan langsung menceploskan bola ke gawang Maroko setelah mendapatkan bola tembakan Kylian Mbappe yang berubah arah.

Timnas Maroko terus memberikan tekanan namun hingga pertandingan usai, tak mampu memberikan gol balasan ke gawang Prancis, kedudukan 2-0 untuk keunggulan Les Bleus tak berubah.

Timnas Prancis asuhan Didier Deschamps itu pun berhasil mengamankan tiket final dan akan menghadapi Argentina di laga puncak Piala Dunia 2022 pada Minggu (18/12/2022).

BACA JUGA:  Ini Tim yang Lolos 16 Besar Piala Dunia, 3 Tim dari Asia

Prancis unggul begitu cepat dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 ini. Tepatnya pada menit kelima, Theo Hernandez memanfaatkan benar-benar peluang yang didapatkannya di depan gawang Marokoko.

Berawal dari Antoine Griezmann yang menyerang lewat sisi kanan setelah menerima umpan terobosan, ia mengalirkan bola kepada Kylian Mbappe yang ada di jantung pertahanan Maroko.

Mbappe melakukan dua kali upaya menembak, tapi bola terus membentur pertahanan Maroko dan akhirnya mengarah kepada Theo Hernandez, yang langsung melakukan tendangan akrobatik dari sudut yang sempit di depan kiper Maroko, Yassine Bounou, yang gagal menghalau jalannya bola.

Tertinggal dari Prancis begitu cepat, Maroko yang awalnya bermain bertahan mulai menerapkan strategi terbuka. Perubahan ini membuat Prancis punya ruang kosong lebih besar di area pertahanan Maroko.

BACA JUGA:  Kalahkan Prancis Lewat Adu Pinalti, Argentina Juara Piala Dunia Qatar 2022

Olivier Giroud pun mendapatkan kesempatan untuk menggandakan keunggukan Prancis pada menit ke-18 setelah menerima umpan terobosan dan berlari hingga ke dalam kotak penalti Maroko. Sayang, tembakannya masih mebentur tiang gawang.

Sementara itu, Maroko bukan tanpa tekanan terhadap pertahanan Prancis. Beberapa kali Maroko berusaha memberikan ancaman, tapi Hugo Lloris dan lini pertahanan Les Bleus cukup solid untuk menghalau upaya dari Maroko.

Duel di antara kedua tim makin sengit pada babak kedua. Maroko yang tengah tertinggal berusaha keras untuk menciptakan peluang untuk menyamakan kedudukan.

Namun, di sisi lain, Prancis berusaha untuk bisa menurunkan ritme permainan untuk bertahan dan mencoba mencari kesempatan melalui serangan balik.

Upaya Prancis berbuah hasil pada menit ke-79, di mana Randal Kolo Muani mencetak gol dan membuat Les Bleus unggul 2-0. Pemain yang baru saja masuk lapangan menggantikan Ousmane Dembele itu langsung mencetak gol pada peluang pertamanya di pertandingan ini.

BACA JUGA:  Taklukan Kroasia 3-0, Ratusan Pendukung Argentina di Ambon Konvoi

Berawal dari pergerakan Mbappe yang mengobrak-abrik pertahanan Maroko, bola tembakan Mbappe membentur kaki pemain Maroko dan berubah arah ke dekat tiang gawang Maroko, Kolo Muani yang tak jauh dari posisi bola langsung menceploskannya ke dalam gawang Maroko.

Gol yang diciptakan Randal Kolo Muani membuat semangat pemain dan suporter Maroko surut. Meski tetap memperlihatkan semangat untuk menekan Prancis, Maroko tak mampu mencetak gol hingga laga berakhir. Kemenangan 2-0 untuk Prancis menjadi akhir dari pertandingan ini. Suporter Maroko sedih karena keajaiban timnya terhenti di semifinal, sementara Les Bleus akan menantang Argentina di final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/2022).

Editor: Ton

Sumber: Bola.com