Kedatangan Komnas HAM, Kabareskrim: Kami Siap Berikan Informasi dan Data

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo memberi keterangan terkait terkait data yang diterima Komnas HAM dari keluarga korban

JAKARTA, MENITINI.COM
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo memastikan siap memberi informasi dan data kepada Komnas HAM terkait meninggalnya enam laskar FPI di KM 50 Tol Cikampek.

Bareskrim Mabes Polri menunggu langkah-langkah Komnas HAM. Bareskrim juga menghargai penyelidikan yang dilakukan oKomnas HAM.

“Untuk Komnas HAM saat ini menerima laporan terkait enam orang yang meninggal, dan tentunya kami menunggu langkah-langkah yang dilakukan Komnas HAM, seperti yang pernah saya sampaikan, kami menghargai,” ujar KabareskrimKomjen Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Komjen Sigit menyebut pihaknya siap memberikan informasi yang diperlukan Komnas HAM. Termasuk memberikan sejumlah data-data untuk memudahkan investigasi Komnas HAM.

BACA JUGA:  Kunjungi Kaltim, Presiden Jokowi akan Tinjau Persemaian Mentawir

“Kami siap untuk memberikan informasi, memberikan data-data, apabila Komnas HAM memerlukan keterangan-keterangan memerlukan data-data, memerlukan informasi-informasi yang diperlukan dalam rangka melakukan langkah-langkah terkait dengan hal-hal yang menjadi rekomendasi Komnas HAM,” kata Komjen Sigit.

Komjen Sigit mengatakan Bareskrim Polri telah memeriksa 78 saksi dan 7 orang ahli dalam kasus yang mengakibatkan 6 laskar FPI tewas itu.

“Perkembangan terkait penanganan enam orang yang meninggal dunia. Karena saat ini yang masuk di Bareskrim Polri adalah laporan penyerangan terhadap petugas. Perkembangan sampai hari ini kita sudah memeriksa 78 orang saksi dan 7 orang ahli,” kata Komjen Sigit.

Komjen Sigit mengungkapkan, dari 78 saksi yang diperiksa, 37 di antaranya merupakan saksi yang berada di tempat kejadian perkara (TKP) di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. “Kemudian 37 orang saksi tersebut dari KM 50. 22 saksi lain yang ada di sekitar,” ujarnya.

BACA JUGA:  Apa yang Dilakukan Komjen Listyo Setelah Dilantik, Ini Prediksinya

Selain itu, 4 orang yang diperiksa merupakan saksi korban. Sementara, 12 lainnya merupakan petugas yang berada di TKP. “Kemudian ada 4 orang yang saat ini menjadi saksi korban 12 petugas yang ada di lokasi KM 50 kemudian 3 orang petugas dari Rumah Sakit Polri,” kata Komjen Sigit.dom/lex/ton

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*