Senin, 24 Juni, 2024

TPA Suwung Denpasar terbakar pada Kamis (12/10/2023). Kebakaran tersebut diduga karena tumpukan sampah dan gas metan.

DENPASAR,MENITINI.COM-Penyebab Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung Denpasar terbakar diduga dari panasnya tumpukan sampah dan gas metan yg dihasilkan, sehingga berpotensi mengeluarkan api.

Kasi Humas Polresta Denpasar AKP Ketut Sukadi mengatakan, saksi yang melihat adanya kebakaran tersebut adalah staf TPA Suwung, Gede Mahardika (51). Saat saksi sedang bekerja, katanya tiba-tiba melihat kepulan asap hitam pekat bersumber dari tumpukan sampah di TPA Suwung Kangin.

Beberapa saat kemudian, asap tersebut dari hitam pekat berubah menjadi asap putih. “Penyebab kebakaran diperkirakan dari panasnya tumpukan sampah dan gas metan yg dihasilkan sehingga berpotensi mengeluarkan api,” ujar AKP Ketut Sukadi.

Kebakaran di TPA Suwung, Denpasar pada Kamis (12/10/2023).

Kebakaran tumpukan sampah di TPA Suwung mulai terlihat pada Kamis 12 Oktober 2023 sekitar pukul 11.00 Wita. Banyak yang mengatakan bahwa kebakaran di TPA Suwung setiap setahun sekali terjadi.

BACA JUGA:  Jelang Pertemuan WWF ke-10, TPA Suwung Malah Terbakar, Keluarkan Asap Membubung Tinggi 

Kata Sukadi, kebakaran sampah di TPA itu memang secara rutin terjadi setiap musim panas yang memuncak.

Untuk memadamkan kebakaran itu, pihak pengelola TPA langsung menghubungi Dinas PMK Kota Denpasar. Ada lima unit mobil petugas damkar dikerahkan ke lokasi,” bebernya.

Selain memadamkan api, petugas damkar juga melakukan proses upaya pendinginan guna mengatasi kebakaran tersebut. Hingga berita ini diturunkan, petugas damkar masih sedang berupaya untuk memadamkan api. (M-011)

Editor: Daton