Kampanye #IndonesiaAsri, Ruang Partisipasi Lintas Generasi Terapkan Gaya Hidup yang Prioritaskan Lingkungan

JAKARTA,MENITINI.COM-Perusahaan kimia, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri), pada Kamis (23/11/2023) meluncurkan kampanye #IndonesiaAsri untuk memberi ruang bagi setiap generasi untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Komitmen tersebut merupakan inisiatif perusahaan dengan membangun cara pandang masyarakat agar memiliki wawasan tentang lingkungan yang berkelanjutan selaras dengan poin-poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam keterangan tertulisnya, Kampanye ini bertujuan menginspirasi seluruh pemangku kepentingan agar bersama-sama mewujudkan Indonesia yang lebih asri dalam setiap lini kehidupan agar kelak kita dapat memberikan warisan berharga bagi generasi mendatang.

Pada peluncuran kampanye #IndonesiaAsri, Chandra Asri mengajak sejumlah pihak yang memiliki perhatian lebih terhadap sustainable living untuk berbagi wawasan dan pengalamannya dalam berkontribusi untuk lingkungan dan masyarakat, diantaranya Mohammad Naufal – Sustainability Engineer & Founder Carbon Addons, Vania Herlambang – SDG Ambassador 2019-2021 & Putri Indonesia Lingkungan 2018, dan Nada Arini – Ecopreneur & Co-Founder Sustainable Indonesia, termasuk perwakilan mahasiswa, komunitas, sekaligus para Warga Asri, yakni mereka yang telah tergabung sebagai volunteer #IndonesiaAsri. Melalui inisiasi #IndonesiaAsri diharapkan setiap generasi memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menerapkan konsep lingkungan yang berkelanjutan sehingga dapat melakukan mitigasi dari berbagai risiko dengan memberikan nilai bagi masyarakat dan lingkungan.

BACA JUGA:  Penggemar K-pop Bersatu Menentang Greenwashing Merek Fesyen Mewah Selama COP28 Berlangsung

Director of Human Resources & Corporate Affairs Chandra Asri, Suryandi, mengatakan bahwa kampanye ini merupakan andil perusahaan untuk berkontribusi pada penyelesaian permasalahan lingkungan dengan proaktif dan kolaboratif melibatkan seluruh lintas generasi untuk bertumbuh bersama menginspirasi terciptanya perubahan positif di lingkungan mereka. 

“Sebagai mitra pertumbuhan, perusahaan menghadirkan kampanye #IndonesiaAsri dengan harapan menjadi wadah partisipasi bagi setiap generasi melakukan perubahan positif yang berdampak terhadap masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, kampanye ini menekankan aspek edukasi dengan beragam pengetahuan baru yang dapat mendukung mereka menerapkan standar hidup berkelanjutan mulai dari perilaku sehari-hari,” ujar Suryandi saat peluncuran Kampanye #IndonesiaAsri di Jakarta.

Head of Corporate Communication Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan, mengungkapkan kampanye #IndonesiaAsri berfokus pada tiga pendekatan, yaitu edukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah berkelanjutan, inisiatif pengurangan jejak karbon dalam setiap lini kehidupan serta aksi nyata untuk mengajak masyarakat aktif menjalankan perubahan positif bagi lingkungan, mulai dari langkah terkecil.

BACA JUGA:  Hari Menanam Pohon, Kejaksaan Tanam Bibit Pohon Mangrove di Pantai Sowi 4 Manokwari

“Kami berharap #IndonesiaAsri dapat menjadi wadah aspirasi dan kebutuhan dari setiap generasi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dengan inisiatif yang dilakukan oleh setiap individu di Indonesia. Salah satu upaya kami untuk memberikan edukasi adalah menghadirkan microsite #IndonesiaAsri (https://indonesiaasri.com/) sebagai pusat informasi dan gerakan untuk aksi nyata yang dapat diakses masyarakat luas dalam upaya meningkatkan pemahaman kita semua tentang gaya hidup berkelanjutan,” ungkapnya.

Microsite #IndonesiaAsri ini akan menyediakan akses yang mudah terkait konten edukasi dan inspirasi soal sustainable living, sehingga mendorong masyarakat untuk memulai perubahan melalui tindakan nyata, salah satunya adalah tantangan #AksiAsri365. Program ini berisi tantangan harian selama satu tahun kedepan yang bertujuan untuk melakukan pola hidup sehari-hari yang berfokus kepada aspek-aspek baik terhadap lingkungan, dengan pendekatan yang mudah namun memberikan dampak positif jangka panjang.  

Untuk mengikuti #AksiAsri365, setiap individu dapat mendaftar dengan membuat akun sebagai ‘Warga Asri’ dan melengkapi identitas pribadi untuk bergabung dalam tantangan tersebut. Selanjutnya mereka akan diberikan pengingat harian seputar aktivitas apa saja yang harus dilakukan dan manfaat yang dapat diberikan kepada lingkungan. Nantinya mereka yang mengikuti tantangan tersebut berhak mendapatkan poin dari aktivitas yang dilakukan setiap harinya serta berhak memperoleh hadiah menarik dari #IndonesiaAsri. 

BACA JUGA:  TNI, Polri, Pemda dan Masyarakat di Lamongan Bersinergi Tanam Mangrove

Chrysanthi melanjutkan bahwa dengan bergabung dan melakukan berbagai tantangan yang diberikan, Warga Asri turut menjadi penggerak perubahan yang berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan. Harapannya dengan pendekatan yang edukatif dan menyenangkan ini, ketertarikan masyarakat pun akan meningkat dan menularkannya kepada generasi lainnya sehingga pola pikir dan perilaku ini akan menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi.

“Kami menilai perubahan bagi lingkungan perlu didukung oleh kesadaran dan tindakan kolektif yang lebih besar dari setiap generasi. Dengan demikian, dibutuhkan individu yang semakin kuat memahami dan mempraktikkan keberlanjutan dengan baik untuk diterapkan dalam aktivitas sehari-hari sehingga secara perlahan perubahan positif ini akan berdampak terhadap Indonesia yang lebih baik lagi kedepannya, yaitu #IndonesiaAsri,” pungkas Chrysanthi. *

  • Editor: Daton