Senin, 15 Juli, 2024

Penyerahan dana pendidikan tahap I tahun 2023 bagi mahasiswa berprestasi di wilayah Kabupaten Jembrana oleh Bupati I Nengah Tamba, Senin (4/9/2023) di GOR Kresna Jvara. (M-011)

JEMBRANA,MENITINI.COM-Komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jembrana ditunjukkan dengan mengalokasikan bantuan pemuda berprestasi (beasiswa mahasiswa) bagi  putra-putri Jembrana yang saat ini menempuh bangku kuliah. Selain kategori berprestasi, bantuan itu juga menyasar penerima beasiswa dari mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu.

Setiap tahun anggaran kepada mahasiswa berprestasi terus mengalami kenaikan.  Teranyar, Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali menyerahkan penghargaan berupa dana pendidikan tahap I tahun 2023 bagi mahasiswa berprestasi di wilayah Kabupaten Jembrana. Bantuan  secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Senin (4/9/2023) di GOR Kresna Jvara. 

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, I Gusti Putu Anom Saputra menjelaskan bantuan tahap I (semester ganjil) bagi mahasiswa berprestasi ini diberikan kepada 850 orang dengan nilai anggaran 2,5 milyar dengan rincian masing-masing orang menerima 3 juta rupiah. Dari 12 orang dari jumlah itu mahasiswa kurang mampu yang orang tuanya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BACA JUGA:  Australia dan Indonesia Perkuat Pendidikan Sekolah Dasar

“Jumlah tersebut berasal dari fakultas kedokteran, teknik dan non teknik. Termasuk diantaranya berasal dari mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu dan tercatat dalam DTKS,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Anom mengatakan untuk priode penghargaan mahasiswa tahun 2023  sudah melakukan perbaikan, dimana pendaftaran dan pengambilan nomor urut sudah secara online. 

“Jadi tidak ada lagi alasan adik-adik mahasiswa jam 5 kesini hanya untuk berbaris nyari nomor urut saja. Sekarang verifikasi sudah dilaksanakan dengan mengambil nomor urut secara online, jadi adik-adik bisa memilih harinya saja bahkan jam nya sudah ditentukan,” ungkapnya.

Usai menyerahkan bantuan tersebut, di hadapan ratusan mahasiswa Bupati Jembrana I Nengah Tamba memberikan motivasi serta semangat  kepada mahasiswa.  Menurutnya pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari pemuda daerah, adalah salah satu bentuk pengakuan atas prestasi para pemuda dalam menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi. 

BACA JUGA:  Upacara Hardiknas 2024 di Jembrana

“Hal ini diharapkan dapat membantu meringankan beban yang ada serta meningkatkan motivasi untuk dapat bersaing dengan pemuda daerah lainnya. Disamping itu pula dengan adanya program ini, diharapkan adanya timbal balik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jembrana,” ujarnya.

Kepada seluruh mahasiswa, Bupati Tamba berharap mahasiswa bisa menjadi influencer kabupaten Jembrana, dan meminta agar senantiasa menjalin kerjasama dalam melaksanakan program pembangunan pemerintah kabupaten Jembrana. 

“Dengan adanya pemberian penghargaan ini dapat memberikan suatu stimulus kepercayaan diri bahwa pemerintah kabupaten jembrana berkomitmen untuk membangun masyarakat Jembrana menjadi lebih baik lagi,” tandasnya. (M-011)

  • Editor: DRB