Jokowi Disebut Menjadi King Maker Pilpres 2024

Beri Sinyal dukungan terhadap Ganjar Pranowo?

Jokowi bersama Ganjar Pranowo. (foto: ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Joko Widodo (Jokowi) dinilai mempunyai kekuatan politik untuk menerbitkan sosok calon presiden (capres). Posisi Jokowi juga dinilai setara dengan ketua umum partai seperti Megawati Soekarnoputri. Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam program CNNIndonesia Newsroom akhir pekan lalu.

Bukan hanya itu, Jokowi juga punya sejumlah kelompok relawan setia. Menurut Hanta, relawan-relawan itu merupakan modal politik Jokowi menentukan arah dukungan pada Pilpres 2024.

“Satu-satunya di luar ketua umum partai politik yang bisa jadi king maker adalah Jokowi,” ujarnya seperti dikutip CNNIndoensia.

Hanta Yuda berpendapat relawan akan setia dan patuh terhadap capres pilihan Jokowi. Hal itu disebabkan kepentingan para relawan untuk memiliki posisi dekat dengan Jokowi, setidaknya hingga 2024. “Dengan dekat dan selalu bersama Jokowi, [kelompok relawan] akan menjadi entitas politik yang kokoh, menjadi penyeimbang, meskipun tidak sekuat partai politik,” katanya.

Sebelumnya, Jokowi dinilai memberi sinyal dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk mencalonkan diri pada Pilpres 2024. Hal tersebut karena pidato Jokowi pada Rakernas V Projo di Magelang, Sabtu (21/5/2022).

Jokowi meminta para relawan tidak terburu-buru menentukan dukungan untuk capres. Dia menyinggung sosok yang hadir pada acara itu. Ganjar dan sejumlah pejabat pemerintahan hadir pada acara tersebut.

“Kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan itu tadi. Urusan politik ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa,” tutur Jokowi pada Rakernas V Projo di lokasi, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Megelang, Sabtu (21/5). “Meskipun… meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini,” imbuh Jokowi seperti di laman CNNIndonesia.

BACA JUGA:  Nasdem Usung Anies Capres, Ribuan Orang Daftar jadi Kader

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*