Kata Lembaga Survei Ini Gap Prabowo-Anies-Ganjar Sangat Ketat

(foto: istimewa)

JAKARTA,MENITINI.COM– Lembaga survei Indo Riset memprediksi Pilpres 2024 bakal terjadi sebanyak dua putaran dengan tiga kandidat utama yang berpotensi besar masuk ke putaran kedua.
Dilansir dari CNN Indonesia, ketiga tokoh itu adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sementara pengamat politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes mengungkap beberapa alasan yang memungkinkan ketiganya masuk ke putaran kedua Pilpres 2024. Salah satunya adalah potensi perolehan suara ketiga tokoh itu tak terlalu jauh satu sama lain.

Pertama, katanya menjelang 2024 yang secara politik masih sekitar satu tahun setengah, suara atau gap perbedaan suara antar top 3 itu masih sangat ketat.

BACA JUGA:  Isu Kudeta Menerpa Partai Demokrat, Ini Saran Para Pengamat

“Perbedaan suara antara Pak Ganjar dan Pak Prabowo dengan Pak Anies, juga simulasi tiga dan dua nama itu masih sangat kompetitif, gap-nya masih sangat dekat sekali,” lanjutnya seperti dikutip CNN Indonesia Kamis (19/05/2022).

Dari gambaran itu tidak ada kandidat yang betul-betul kuat, ketiganya katanya memiliki potensi yang sama untuk masuk ke putaran kedua.

“Artinya melihat positioning atau peta politik belum menunjukkan ada kandidat yang betul-betul kuat itu. Pilpres akan potensial masuk pada putaran kedua atau terjadi dalam dua putaran,” ungkap Arya.

Alasan lain kata Arya karena kemunculan tiga tokoh itu hampir menghapus nama-nama lain sebagai kandidat calon presiden. Sehingga, makin kecil kemungkinan untuk koalisi partai melirik nama-nama di luar tiga tokoh itu.

BACA JUGA:  Pratikno Bantah Hubungan Jokowi-Mega Merenggang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*