Imbang di Kandang Filipina, Shin Tae-yong: Kami akan Lebih Kuat Nanti

JAKARTA,MENITINI.COM-Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan kalau timnya akan lebih kuat nanti saat laga kandang. Hal itu lantaran skuad Garuda di laga keduanya, bermain imbang 1-1 melawan tim tuan rumah Filipina, lanjutan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F zona Asia. Satu-satunya gol skuad Garuda dicetak oleh Saddil Ramdani pada menit ke-70. Laga berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (21/11/2023).

“Di pertandingan ini, kami merasakan kesulitan. Kami melakukan perjalanan jauh, memakan waktu yang banyak, perbedaan waktu, terutama lapangan di sini sangat tidak familier buat kami, sehingga kami kesulitan untuk beradaptasi dengan lapangan,” beber Tae-yong.

Diakui juga olehnya, kalau timnya dalam 20 menit pertama, tidak bermain bagus. “Seperti yang kalian lihat, kami tidak memperlihatkan penampilan bagus di 20 menit pertama. Tapi saya memang sudah memperkirakan kami akan mengalami kesulitan di babak pertama, karena berkaitan dengan kualitas dan karakter lapangan.”

BACA JUGA:  Daftar 32 Pemain Terpilih Seleksi Tim U-16 Gelombang Pertama

“Walau semua permasalahan itu berdampak kepada performa tim, kami tidak mau menyerah. Begitu juga saat Filipina memimpin. Saya ucapkan terima kasih untuk pemain, dan terima kasih juga kepada Filipina yang telah memperlihatkan permainan bagus,” sambungnya.

Misi meraih tiga poin di laga tandang, tidak menyurutkan keyakinan dirinya. Juru taktik asal Korea Selatan ini masih optimistis tim Merah Putih akan lolos dari fase grup.

“Ya, kami memang baru mendapatkan satu poin dari dua pertandingan pertama. Tetapi kami masih mempunyai beberapa laga kandang, dan kami akan kuat saat bermain di lapangan sendiri. Saya tetap menyimpan keyakinan dan berpikiran positif bisa lolos dari grup,” tutupnya.

BACA JUGA:  Ini 26 Pemain untuk Piala Asia 2023 Pilihan Shin Tae-yong

Berikutnya, Indonesia akan menjamu tim tamu Vietnam, untuk laga ketiga dalam lanjutan putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga keduanya dijadwalkan berlangsung tanggal 21 Maret 2024.

  • Sumber: PSSI
  • Editor: Daton