Gempa M 3,5 Guncang Kota Ambon, Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa
Ilustrasi. (foto: ist)

AMBON, MENITINI.COM -Sebagian warga Kota Ambon panik dan berhamburan di kawasan Jalan Sam Ratulangi setelah merasakan getaran gempa. Goncangan gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,5 mengguncang wilayah Kota Ambon, Jumat (11/11/2022) sekira pukul 11.41 WIT.

Meski hanya berskala kecil, namun guncangan gempa tersebut terasa sangat kuat. Guncangan gempa tersebut membuat sebagian warga panik hingga berhamburan ke jalan.

Beberapa aparatur sipil negara (ASN) yang sedang beraktivitas di lantai 2 dan lantai 3 Kantor Wali Kota Ambon juga bergegas turun setelah merasakan guncangan gempa tersebut. Begitu pun di beberapa kantor lainnya, para pegawai juga berlarian saat gempa terjadi.

“Gempa sangat terasa sekali,” kata Nandito salah seorang pemuda di Kota Ambon, kepada media ini. Dikatakan, saat terjadi goncanga saya sedang berbaring di atas kursi sopa dan secara refleks saya langsung berlari keluar rumah,” ucapnya.

BACA JUGA:  Warga Batumerah Hadang Rencana Eksekusi Lahan di Dusun Hurunuang

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, gempa tersebut dirasakan warga di Kota Ambon dengan skala III 

Goncangan akibat gempa dirasakan sangat nyata oleh banyak orang,” kata Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Djati Cipto Kuncoro, S.Si.

Ia belum dapat memastikan apakah ada dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Pihaknya memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sebutnya.

Dijelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, kata Kuncoro.

BACA JUGA:  Bupati Tamba Dampingi Gubernur Koster Tinjau Kesiapan Groundbreaking Jalan Tol

Adapun gempa yang mengguncang Ambon itu berada pada koordinat 3,59 lintang selatan 128, 27 bujur barat atau tepatnya berlokasi di darat 15 kilometer timur laut Ambon pada kedalaman 6 kilometer. (M-009).