G20 Kunci Penting Bangun Arsitektur Kesehatan Global

Bruce Alyward dan Maximo Torero
Bruce Alyward dan Maximo Torero. (Foto: ist)

DENPASAR,MENITINI.COM-Senior Adviser to Director Jenderal World Health Organization (WHO), Bruce Aylward menyampaikan apresiasi atas inisiatif Indonesia selaku Presidensi G20 mengangkat tema infrastruktur kesehatan global sebagai salah satu agenda G20 tahun ini.

Menurutnya, infrastruktur kesehatan global masih menjadi pekerjaan rumah terbesar negara negara di dunia. Hal ini terbukti ketika dunia menghadapi pandemi Covid 19 yang tidak hanya menguncang sektor kesehatan, namun juga berdampak pada sektor ekonomi sehingga terjadi pelambatan dan bahkan aktivitas ekonomi terhenti.

Bruce menegaskan, selama sistem kesehatan global tidak diperbaiki, dunia tetap akan rentan terhadap bencana yang mungkin terjadi di masa mendatang. “Maka dari itu, kita harus memperhatikan kesehatan masyarakat dunia. Kita membutuhkan penguatan dan stabilitas infrastruktur kesehatan global. Dan sungguh luar biasa Presidensi G20 Indonesia telah melihat dan mengangkat masalah ini sebagai isu prioritas. Kita tidak dapat menyelesaikan isu ini tanpa peran G20,” kata Bruce dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Minggu (14/11/22).

BACA JUGA:  21 Pedagang Lakukan Test Swab, 18 Negatif, Tiga Belum Keluar Hasil

Kabar baiknya, Bruce mengakui, G20 merupakan kumpulan negara yang memegang 60 persen populasi dunia dan 80 persen negera negara yang negara G20 merupakan raksasa ekonomi dunia.

Tantangan Dunia Hadapi Pandemi Covid19

Bruce menambahkan, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia adalah adanya kesenjangan pada “Primary Health Care ” atau Layanan Kesehatan Dasar yang mencakup hampir seluruh dunia, bahkan di negara negara berpendapatan tinggi. Padahal, layanan kesehatan dasar kebutuhan bagi semua orang adalah hal yang penting. “Lebih dari 2 miliar orang tidak memiliki akses ke pelayanan kesehatan dasar. Apa yang terjadi ketika pandemi seperti covid19 menghantam, sistem kesehatan di seluruh dunia mengalami kerusakan. Karena kita berada dalam dunia yang saling terhubung, kita semua menderita,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ribuan Rohaniawan Hindu Berdoa Khusuk untuk Kesuksesan KTT G-20

Maka dari itu, kata Bruce menegaskan, masalah sistem kesehatan global perlu kerjasama dan kolaborasi seluruh dunia. “Kita tidak dapat menyelesaikan masalah ini tanp a kerjasama dan kolaborasi seluruh dunia,” katanya.