Entrasol Master Run 2023, Event Lari Pertama Khusus Kategori Master 40+

dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menyebut Aktivitas fisik seperti lari merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan otot, tulang, dan jantung
dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menyebut Aktivitas fisik seperti lari merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan otot, tulang, dan jantung. (Foto: ist)

JAKARTA,MENITINI.COM – PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand Entrasol, akan menggelar Entrasol Master Run 2023, ajang kompetisi lari bagi partisipan berusia di atas 40 tahun pada Sabtu, 3 Juni 2023, di kawasan Greenbelt Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten.

Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan untuk menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap 29 Mei. Secara khusus, kompetisi ini diharapkan bisa memotivasi masyarakat saat bertambahnya usia untuk tetap hidup sehat dan aktif berolahraga, agar bisa menjaga kesehatan otot, tulang dan jantung. Dengan otot, tulang, dan jantung yang sehat, diharapkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh tetap terjaga, serta terhindar dari risiko cedera yang fatal.

BACA JUGA:  Waspada! Angka Positif Covid-19 Kota Denpasar Naik Lagi, Bertambah 57 Orang

Entrasol Master Run 2023 memiliki 3 kategori yakni 3K (run with parent), 5K, dan 10K. Ajang lari yang terbuka untuk masyarakat umum ini juga menyediakan layanan pemeriksaan kepadatan tulang dan massa otot, serta diskusi kesehatan dengan para ahli. Pendaftaran melalui link bit.ly/entrasolmasterrun sudah dibuka sejak 3 April hingga 3 Mei 2023. Adapun biaya partisipasi sebesar Rp 250.000 hingga Rp 350.000 untuk mendapatkan race pack berupa Exclusive Jersey Entrasol Master Run, Medali, Goodie Bag produk Entrasol dan BIB Number. Peserta Entrasol Master Run berkesempatan memenangkan hadiah dengan total nilai puluhan juta Rupiah dan sejumlah doorprize menarik lainnya. 

Shintia Dewi, Brand Manager Entrasol mengutarakan harapannya agar kompetisi ini dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup sehat, melalui aktivitas fisik serta mengonsumsi nutrisi tepat. “Entrasol Master Run merupakan salah satu wujud nyata untuk memberikan ruang kepada masyarakat Indonesia agar bersama bisa tetap aktif bergerak dalam menjaga kesehatan otot, tulang dan jantung. Disamping melakukan aktivitas fisik secara rutin, mengkonsumsi nutrisi yang tepat juga sangatlah penting agar saat bertambahnya usia kita bisa tetap aktif, fit dan bahagia,” ungkap Shintia.

BACA JUGA:  Kaesang Pangarep Sindir PSSI Yang Tolak Gelar KLB

dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga juga menambahkan hal lain yang perlu diperhatikan agar tetap aktif dan fit saat bertambahnya usia yaitu aktivitas fisik. “Aktivitas fisik, kesehatan jantung, dan massa otot adalah tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain. Kombinasi aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah dengan menggabungkan gerakan fleksibilitas, kardio atau jantung, kekuatan otot, dan keseimbangan. Aktivitas fisik seperti lari merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan otot, tulang, dan jantung,” ungkap dr. Andi.

World Health Organization (WHO) mencatat bahwa penyakit kardiovaskular menyebabkan 17,9 juta kematian setiap tahunnya, atau sekitar 31% dari total kematian di seluruh dunia. Oleh karena itu, aktivitas fisik seperti lari perlu dilakukan, serta penting juga untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, sehingga dapat mencegah penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, osteoporosis, kanker, hipertensi, diabetes, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Ini 5 Kebiasaan Makan yang Bisa Memperlambat Penuaan Otot