Dua ASN Terbaik Dari Badung Wakili Bali di Ajang Nasional Anugerah ASN 2023

BADUNG, MENITINI.COM –  Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Badung mewakili Bali dalam ajang Naasional Anugerah ASN tahun 2023.

Keduanya pemenang dalam ajang Penganugerahan PNS berprestasi di Kabupaten Badung, yaitu Lurah Legian,  Putu Eka Martini dan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan.

Mereka sekaligus menjadi wakil pertama Provinsi Bali dalam ajang tersebut, bersama dengan dua ASN lain dari Kabupaten Klungkung.

Lurah Legian, Putu Eka Martini menjelaskan, Anugerah ASN 2023 ajang yang digelar Kementerian PANRB untuk memberikan motivasi kepada ASN di seluruh Indonesia agar menciptakan budaya kerja kompetitif dengan senantiasa meningkatkan kualifikasi, kompetensi, serta kinerja.

Apresiasi ini diberikan kepada ASN yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat Indonesia. Diharapkan melalui upaya tersebut dapat meningkatkan pelayanan publik yang optimal serta dapat meningkatkan kualitas implementasi sistem merit.

BACA JUGA:  Pemkab Badung Bangun Rumah Dinas Eselon III Kejati Bali

Diceritakan, dipilihnya dua ASN di Badung dalam ajang Penganugerahan ASN 2023 didasari atas Penganugerahan PNS berprestasi Kabupaten Badung. Saat itu dirinya terpilih untuk kategori madya dan Disperinaker sebagai kategori pratama.

Mereka kemudian diajukan Kabupaten Badung untuk menjadi kandidat wakil Provinsi dalam mengikuti Anugerah ASN 2023 di tingkat nasional.

Selain mereka, ada dua ASN lain dari Kabupaten Klungkung yang juga didaftarkan ikut dalam Anugerah ASN 2023 di nasional.

“Jadi ada 4 orang yang dikirim ke pusat untuk mengikuti Anugerah Aparatur Sipil Negara tahun 2023. Dari Badung ada dua dan Klungkung ada dua. Untuk kategori Jabatan Tinggi Pratama diwakili Kadis Perinaker Putu Eka Mertawan, saya di kategori Pengawas Terbaik. Sedangkan dua orang lain dari Klungkung masuk kategori administrator dan best employee,” katanya, Selasa (20/2/2024).

BACA JUGA:  Mayat Seorang Pria Ditemukan Dalam Kondisi Membusuk di Ambon-Passo

Anugerah ASN tersebut baru kedua kalinya dilaksanakan. Pada awal pelaksanaannya di tahun 2021, saat itu Provinsi Bali belum ikut serta dalam ajang tersebut. Sehingga keterlibatan Provinsi Bali tahun ini menjadi kali pertama, dengan mengirimkan empat wakilnya.

Penganugerahan ASN berprestasi 2023 memiliki tahapan-tahapan sebelum nantinya memasuki tahap final. Para kandidat sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat provinsi untuk maju ke tingkat nasional pada Desember 2023.

Kemudian tim pusat juga melakukan seleksi kembali sesuai kategori masing-masing. Pada bulan Februari 2024 dilakukannya publikasi pemanggilan kandidat ke pusat, dilanjutkan bulan Maret-April 2024 dilaksanakan seleksi jenjang nasional manajerial (pemaparan) dan non manajerial.

Pemberian penghargaan pemenang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2024 oleh Presiden RI. “Pada umumnya prosesnya sama dengan Penganugerahan ASN Berprestasi di Kabupaten Badung. Mungkin bedanya di juri saja, tapi pemaparan sama. Kalau di kabupaten kemarin para juri dari akademisi perguruan tinggi, BKN dan BPKSDM,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Seorang ASN di Kota Ambon, Meninggal Dunia di Kamar Hotel 

Melalui ajang tersebut ia berharap PNS di Kabupaten Badung yang memiliki potensi, untuk ikut dalam penghargaan ASN berprestasi ke depan. Sebab penghargaan yang diperoleh bukan samata dari materi, melainkan kemudahan yang diberikan pemerintah daerah, termasuk proses kenaikan pangkat.

“Selain Pin emas yang sudah didapatkan, sertifikat dan piagam, pemenang juga berkesempatan maju di anugerah ASN nasional. Mereka berkesempatan memperoleh kenaikan pangkat luar biasa,”imbuhnya. (M-003)

  • Editor: Daton