Usai Perayaan Tahun Baru, DLHK Badung Bersihkan 21 Ton Sampah di Pantai Kuta

BADUNG,MENITINI.COM- Sebanyak 21 ton berhasil dibersihkan di Pantai Kawasan Samigita, oleh DLHK Kabupaten Badung, Senin (1/1/2024). Sampah-sanpah tersebut didominasi berupa bekas kembang api dan sampah pedagang pantai.

Koordinator Deteksi dan Evakuasi Sampah Laut (Desalut) DLHK Badung, I Made Gde Dwipayana mengatakan, pembersihan sampah pasca pergantian tahun di Pantai kawasan Samigita telah dilakukan sejak pukul 07.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita.

Total sebanyak 21 ton sampah atau 10,5 truk diangkut oleh tim DLHK Kabupaten Badung. Sampah itu merupakan sampah setelah perayaan pergantian tahun, yang mayoritas berupa bekas selongsong kembang api dan sisanya sampah pedagang pantai. “Yang terbanyak di Pantai Legian. Tapi volume sampah antara Pantai Legian dan Kuta hampir sama, selisih tipis,” ujarnya.
Dijelaskan, untuk sampah di Pantai Seminyak petugas berhasil mengangkut 1 truk sampah bekas kembang api, ditambah sampah pedagang 2 truk.

BACA JUGA:  Penanaman 10.000 Mangrove di Kawasan Tahura Tanjung Benoa

Tenaga kebersihan yang dikerahkan berjumlah 25 orang yang dibantu satu loder dan 1 beach cleaner.
Pantai Legian sebanyak 2,5 truk sampah berupa bekas kembang api dan dua truk sampah pedagang.

Jumlah tenaga yang dikerahkan sebanyak 40 orang yang dibantu 2 loder dan 1 beach cleaner.

Sedangkan di Pantai Kuta, pihaknya mengangkut 1 truk sampah bekas kembang api dan dua truk sampah pedagang.
Jumlah tenaga kebersihan yang diterjunkan sebanyak 30 orang, dibantu 25 orang komunitas peduli lingkungan dan satu loder.

Kondisi sampah pasca pergantian tahun saat ini diakuinya tidak signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu dipicu belum adanya sampah kiriman yang menepi di Pantai Samigita, sedangkan tahun lalu kondisi sampah mencapai ratusan ton. (M-003)

  • Editor: Daton