Dharma Wanita Persatuan Jembrana, Lombakan Nasi Tumpeng dan Vas Toga

JEMBRANA,MENITINI.COM-Memperingati Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-24, DWP Kabupaten Jembrana melaksanakan Lomba Nasi Tumpeng dan Vas Toga ( vas dirangkai dengan tanaman obatkeluarga)  yang diikuti oleh seluruh DWP Unit di kabupaten Jembrana, Jumat (15/12/2023) di Gedung Kesenian Ir. Soekarno.

Total ada 11 grup mengikuti lomba ini, dimana masing-masing grup terdiri dari gabungan beberapa DWP unit. Para peserta tampak sangat antusias menampilkan nasi tumpeng dan vas dari toga beserta  kreasinya, hasil karya tersebut secara langsung dilihat oleh Ny. Candrawati Tamba selaku Penasehat DWP Jembrana didampingi ketua DWP Jembrana, Ny. Yuniati Budiasa.

Ny. Candrawati Tamba mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP kabupaten Jembrana. Kata Candrawati, dalam perlombaan selalu ada pihak yang menang maupun kalah. Namun, hal tersebut menurutnya adalah suatu hal wajar. “Kepada para peserta agar tetap semangat, karena kalah dan menang adalah sesuatu yang biasa,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan, menjadi juara bukanlah poin utama dari perlombaan ini. Candrawati menegaskan melalui kegiatan serangkaian peringatan HUT DWP ke-24, para anggota DWP dapat meningkatkan keterampilan serta meningkatkan kekompakan dalam mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Jembrana.

BACA JUGA:  Pindah Tugas, Kapolres Jembrana Pamitan dengan Bupati Jembrana

“Hal tersebut bukan tujuan utama dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Yang terpenting adalah bagaimana ibu-ibu bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta memperat tali persaudaraan untuk bersama-sama bersatu padu membangun Jembrana,” ucapnya.

Selain itu, Ny. Candrawati Tamba juga mengajak seluruh anggota DWP kabupaten Jembrana untuk ikut berperan dalam mengatasi masalah kemiskinan, kekerasan terhadap perempuan dan anak, perundungan, pernikahan dini dan balita stunting.

“Sebagai kaum perempuan, kita harus mendukung pemerintah dan bergerak bersama dalam mengentaskan kemiskinan dan mencegah terjadinya kasus kekerasan pada perempuan dan anak. Semuanya berawal dari keluarga, karena keluarga sebagai sekolah utama dan pertama dalam membentuk karakter anak dan menjadi tempat berlindung bagi anak dan perempuan,” ujarnya.

Pihaknya berharap DWP Kabupaten Jembrana dapat menjadi organisasi yang profesional dalam meningkatkan keterampilan para anggotanya serta dapat berkontribusi dalam pembangunan kabupaten Jembrana.

BACA JUGA:  Penghujung Tahun, Jembrana Sabet 2 Penghargaan Nasional dari BPS RI

“Dengan usia yang bertambah, semoga DWP Kabupaten Jembrana menjadi organisasi profesional disertai program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan sehingga menjadikan anggota DWP mampu bersaing secara terbuka dan mampu berkiprah secara aktif daam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan serta pandangan terhadap pembangunan Daerah yang kita cintai,” tutupnya.

Sementara itu, ketua DWP Jembrana Ny. Yuniati Budiasa berharap melalui kegiatan Lomba Nasi Tumpeng dan Vas Toga dapat mengekspresikan kebebasan wanita dalam berkarya dan berkreasi serta membangun kerjasama diantara anggota DWP.

“Melalui lomba nasi tumpeng dan vas toga ini kita harapkan para anggota DWP semakin kompak, sehingga bisa bersatu untuk memajukan Kabupaten Jembrana,” ucapnya.

Peringatan HUT DWP ke-24 yang mengusung tema ‘Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan’, dijelaskan Ny. Yuniati Budiasa bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peran strategis yang dimiliki perempuan khususnya anggota DWP dalam mendukung pembangunan daerah.

BACA JUGA:  Pemkab Jembrana Gelontorkan Dana Hibah Rp850 Juta kepada Badan Nirlaba

“Kita optimalkan peran yang dapat dilakukan oleh perempuan untuk menunjang berbagai pilar-pilar pembangunan khusunya yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan,” pungkasnya.

Setelah melalui penilaian yang cukup matang, pemenang lomba akhirnya ditetapkan oleh para juri. Untuk lomba nasi tumpeng, tim dari gabungan DWP unit Dikpora, Dinas Sosial dan Satpol PP Jembrana berhasil meraih juara 1, sedangkan untuk juara 2 diraih tim gabungan DWP unit Sekda, PPPAPPKB dan Kecamatan Pekutatan, serta untuk juara 3 diraih oleh DWP unit Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kesbangpol dan BKPSDM.

Sedangkan untuk lomba vas toga, juara 1 kembali diraih tim gabungan DWP unit Dikpora, Dinas Sosial dan Satpol PP, juara 2 kembali diraih tim gabungan DWP unit Sekda, PPPAPPKB dan Kecamatan Pekutatan, serta juara 3 diraih tim gabungan DWP unit Diskominfo, Dinas LH dan Dinas PUPRPKP kabupaten Jembrana. (M-011)

  • Editor: Daton