Kamis, 18 Juli, 2024

(Foto: Net)

JAKARTA,MENITINI.COM-Meningkatnya ketegangan antara Israel dengan kelompok perlawanan Palestina, Hamas, China dikabarkan telah mengerahkan enam kapal perang di kawasan Timur Tengah.

Sejumlah aporan yang dikutip Livemint.com pada Senin (23/10), Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah mengerahkan enam kapal perang sejak pertengahan bulan ini, termasuk kapal perusak berpeluru kendali Tipe 052D, Zibo, fregat Jingzhou, dan kapal pasokan Qiandaohu.

Mereka meninggalkan pantai Muscat pada 14 Oktober 2023 menuju tujuan yang dirahasiakan.

Pengerahan kapal-kapal perang ini terjadi setelah Amerika Serikat mengirim dua kapal induk ke dekat wilayah Israel, termasuk kapal induk paling canggihnya, USS Gerald R. Ford.

Pada 19 Oktober 2023, Presiden China Xi Jinping menegaskan dukungannya terhadap pembentukan negara berdaulat Palestina.

BACA JUGA:  Dewan Keamanan PBB Bakal Gelar Voting soal Keanggotaan Penuh Palestina

“Prioritas utama saat ini adalah gencatan senjata sesegera mungkin, untuk menghindari konflik meluas atau bahkan tidak terkendali dan menyebabkan krisis kemanusiaan yang serius,” kata Xi.

Pertempuran antara Israel dan Hamas meletus pada 7 Oktober 2023. Hingga saat ini, serangan Hamas telah memakan lebih dari 1.400 korban jiwa di Israel. Sedangkan lebih dari 4.300 orang meninggal dunia di Gaza usai dibombardir Israel. *

  • Editor: Daton