Centrepark Perkenalkan Inovasi Perparkiran Berbasis Kecerdasan Buatan

JAKARTA,MENITINI.COM-Faktor keamanan dan kenyamanan parkir kendaraan, tanpa disadari, turut menentukan pengalaman dan kepuasan masyarakat ketika berkunjung ke pusat keramaian seperti mal, rumah sakit, perkantoran, dan sebagainya.

Rasa aman konsumen bisa ditentukan dari cara pengelola pusat keramaian memastikan kendaraan yang dititipkan pengunjung tidak mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan. Sedangkan upaya menjaga kenyamanan konsumen bisa dilakukan dengan merancang skema dan alur perparkiran yang sederhana dan efisien. Baik dalam hal pengaturan lalu lintas di area parkir, maupun dalam proses transaksinya.

Perusahaan penyedia teknologi dan layanan perparkiran PT Centrepark Citra Corpora (Centre Park), melalui anak perusahaannya, Alfabeta, memperkenalkan solusi untuk meningkatkan pengalaman parkir konsumen. Solusi tersebut bernama License Plate Recognition (LPR) yang berbasis pembelajaran mesin (machine learning) dan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

BACA JUGA:  Teknologi AI Tingkatkan Keselamatan dan Produktivitas Tambang Batubara

Sejak dikembangkan lima tahun lalu, teknologi LPR Alfabeta ini terus dikembangkan dan disempurnakan. Dari semula hanya sebagai sistem untuk mengenali pelat nomor kendaraan di area parkir, teknologi ini kini berhasil meningkatkan efisiensi perparkiran. “Pengguna parkir akan mendapatkan pengalaman yang lebih efisien dan cepat, karena tidak perlu mengantre lama, baik di pintu masuk maupun keluar area parkir,” kata Chief Executive Officer Centre Park, Charles Oentomo, di Jakarta.

Sistem pendeteksi pelat nomor berbasis kecerdasan buatan tersebut, Charles menjelaskan, juga akan meningkatkan faktor keamanan parkir. Pemilik kendaraan akan merasa lebih aman saat meninggalkan kendaraannya, karena dengan teknologi ini, setiap kendaraan yang masuk dan keluar area parkir akan diverifikasi. Prosesnya tak hanya meliputi kecocokan pelat nomor, tapi juga jenis kendaraan, merek kendaraan, hingga warna kendaraan. “Karena berbasis AI, prosesnya juga dilakukan secara cepat, jadi tidak terjadi antrean di gerbang masuk maupun keluar area parkir.”

BACA JUGA:  Samsung Umumkan Peluncuran Seri Galaxy S Terbaru, Era Baru Mobile AI

Teknologi LPR yang dikembangkan Alfabeta ini didukung oleh teknologi control processing unit (CPU) yang lebih sederhana dan ekonomis ketimbang teknologi graphics processing unit (GPU). Dengan keunggulan itu, teknologi LPR Centrepark bisa diterapkan di semua jenis kamera pemantau (CCTV) dan bersifat plug and play tanpa perlu penambahan alat lain. “Meski teknologinya lebih sederhana, tapi kemampuan deteksinya tetap akuran dan cepat.”

Kemampuan LPR juga tak hanya mendeteksi identitas kendaraan dan mempercepat proses transaksi di gerbang area parkir. Saat ini, Charles menjelaskan, tim Alfabeta tengah mengembangkan fitur lokasi, di mana nantinya pengguna yang menggunakan aplikasi Parkee bisa mengetahui lokasi parkir kendaraannya. Fitur ini akan sangat bermanfaat diterapkan di kawasan parkir gedung bertingkat, karena salah satu masalah yang kerap dihadapi konsumen adalah lupa lokasi parkir.

BACA JUGA:  Perusahaan Teknologi AI dan Analitik SAS Tunjuk Tech Data sebagai Mitra Distribusi Regional Utama

“Fitur tersebut tentunya akan meningkatkan pengalaman bagi pengguna aplikasi Parkee,” kata Charles. Saat ini, di aplikasi yang juga dikembangkan Centrepark tersebut, pengguna sudah bisa menikmati berbagai fitur, seperti pembayaran yang lebih simpel dan mudah, pemesanan (booking) area parkir di lokasi-lokasi yang telah mendukung, dan sebagainya.