Bupati Tamba: KORPRI dan PGRI Harus Berperan Aktif dan Berinovasi

Apel dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke-51 dan HUT PGRI ke- 77, di Stadion Pecangakan, Jembrana., Selasa (29/11/2022).
Apel dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke-51 dan HUT PGRI ke- 77, di Stadion Pecangakan, Jembrana., Selasa (29/11/2022). (Foto: M-011)

NEGARA,MENITINI.COM-Apel dalam rangka HUT ke-51 KORPRI dan HUT ke-77 PGRI  digelar Selasa (29/11), secara bersamaan di stadion Pecangakan,  Jembrana Bali. 

Pada apel tersebut bertindak sebagai inspektur Bupati  Jembrana I Nengah Tamba dan dihadiri Wakil Bupati IGN Patriana Krisna, anggota  FORKOMPINDA (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah)  Jembrana, dan seluruh Kepala OPD dan staff Pemkab  Jembrana.

Dalam sambutannya Bupati Tamba mengajak jajaran kepengurusan dan anggota KORPRI maupun PGRI untuk senantiasa selalu berperan aktif serta berinovasi dalam pembangunan  nasional 

Peringatan HUT KORPRI tahun ini mengusung tema “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri“. Dengan harapan para anggota KORPRI tetap bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional.

Menurut Tamba dengan tema tersebut anggota KORPRI seyogyanya dapat berperan aktif dalam membangun bangsa, meningkatkan kinerja dan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun.  

BACA JUGA:  UKL Polsek Abiansemal Lakukan Patroli ke Objek Wisata Sangeh

Tamba berharap KORPRI agar selalu terus-menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas serta berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara.

Sedangkan pada peringatan HUT ke-71PGRI yang mengambil tema “Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan Indonesia Kuat, Indonesia Maju“, Bupati Tamba mengatakan bahwa tema tersebut menunjukkan PGRI harus selalu membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mewujudkan guru profesional, sejahtera dan bermartabat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita semua berharap para guru dan tenaga kependidikan menjadi pembelajar dan pendidik sejati, mampu mengembangkan diri secara mandiri, mampu sebagai sumber inspirasi dan keteladanan serta senantiasa menegakkan kode etik guru, ” kata Bupati Tamba. 

BACA JUGA:  JSDDD Jembrana Menjadi Pilot Project Nasional

Selain itu, Bupati Tamba mengungkapkan bahwa pemerintah tengah berupaya dalam mencapai program Sustainable Development Goals (SDGs). Program itu kata Tamba, memiliki target untuk memerangi semua jenis kejahatan dan membangun institusi-institusi yang akuntabel dan transparan disemua level. 

“Hal tersebut tentu mewajibkan kita untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam meminimalisir setiap tindakan kejahatan yang terjadi sehingga  mampu memberi dampak positif terhadap kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” ujarnya. 

Selain melaksanakan apel pada kesempatan tersebut Bupati  Tamba juga menyerahkan penghargaan, antara lain Piagam Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya sebanyak 103 penerima dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tamba kepada Siti Zubaidah dari SMPN 4 Melaya, Ni Putu Tuti Prawedanti dari Dinas Koprindag, Dewi Nur Indah Sari dari BKPSDM. 

Lomba Penulisan Best Practice bagi Guru SD se-Kabupaten Jembrana Tahun  2022, yang dijuara 1 Ni Putu Trisna Sulistyan dari SDN 6 Pendem, Juara 2 Gusti Ayu Gita Cemara dari SDN 2 Medewi, juara 3 Ni Putu Eka Ariesta Wati dari SDN Delod Berawah

BACA JUGA:  Bupati Tamba Tingkatkan Nilai Insentif Juru Arah Tahun 2023

Lomba Senam PGRI bagi Guru se-Kabupaten Jembrana tahun 2022, Juara 1 Tim Senam PGRI Kecamatan Jembrana, juara 2 Tim Senam PGRI Kecamatan Negara dan juara 3 Tim Senam PGRI Kecamatan Melaya

Pemberian Penghargaan bagi Guru Anggota PGRI yang Meraih Prestasi Nasional kepada Rita Wati dari SMP N 2 Mendoyo

Selain itu juga diserahkan juga lomba bercerita Kategori SD/MI Tingkat Kabupaten, Juara 1 Ni Luh Putu Ladyssha Ariantiniyasa dari SD N 3 Dauhwaru

Serta penyerahan Kejuaraan Lomba Pidato Bahasa Bali Katagori SMP Tingkat Kabupaten, juara 1 Ni Komang Vira Ananda Putri dari SMPN 2 Mendoyo. (M-011)