Bank Indonesia: Digitalisasi Jadi Solusi Masa Depan Perekonomian

Ilustrasi. (FOTO: MI/USMAN ISKANDAR)

PALEMBANG,MENITINI.COM-Ketua Badan Supervisi Bank Indonesia (BI) Muhammad Edhie Purnawan mengatakan digitalisasi sistem pembayaran menjadi solusi masa depan perekonomian Indonesia karena dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa.

Berdasarkan hasil riset di banyak negara, disebutkan suatu negara dapat mempercepat pertumbuhan ekonominya karena penerapan digitalisasi. “Kini kita meyakini bahwa digitalisasi ini menjadi salah satu faktor pendorong ekonomi,” tuturnya, dilansir dari Antara, Sabtu, (11/06/2022).

Namun untuk menerapkan digitalisasi ini terdapat sejumlah tantangan, salah satunya ketersediaan infrastruktur. Sejauh ini, infrastruktur internet belum merata di Indonesia sehingga pengguna hanya terpusat di kota-kota besar.

Untuk itu, dibutuhkan komitmen dari pemerintah untuk fokus dalam penyediaan infrastruktur internet ini karena digitalisasi juga dianggap sebagai solusi bagi dunia untuk pulih dari pandemi covid-19. Hingga kini, meski pandemi mulai usai, bisa dikatakan dunia tetap tak bisa lepas dari masalah.

BACA JUGA:  Kelakuan Tak Terpuji! Pria 23 Tahun Ludahi Polisi dan Ngaku Idap Virus Corona

Bahkan, masalah yang datang justru cukup berat seperti terkait perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan gejolak ekonomi terjadi di mana-mana termasuk di Indonesia. “Seperti Amerika yang dihadapkan pada krisis energi. Sementara Indonesia masih bisa bertahan karena masih memiliki cadangan,” kata dia.