AS Dukung Gelaran Presidensi G20 Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dengan Assistant to the President for National Security Affairs (APNSA) AS, Jack Sullivan.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dengan Assistant to the President for National Security Affairs (APNSA) AS, Jack Sullivan. (Foto: Ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Pertemuan bilateral dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dengan Assistant to the President for National Security Affairs (APNSA) AS, Jack Sullivan, Senin (24/10/2022).

Pertemuan turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Dutabesar RI di Washington, DC dan Deputi Kerja sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian.

Melansir Kantor Berita Politik RMOL.ID, beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, antara lain mengenai dukungan AS terhadap Presidensi G20 Indonesia, inisiasi penyelenggaraan Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) dan tindak lanjut Indo-Pacific Economic Framework (IPEF).

“Indonesia menyambut baik dukungan AS terhadap hasil-hasil yang akan dicapai Presidensi G20 Indonesia dalam penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada tanggal 15-16 November 2022,” ujar Menko Airlangga.

BACA JUGA:  Jasad Putra Ridwan Kamil Sudah Ditemukan

Kedua negara juga melakukan diskusi konstruktif dalam kemitraan investasi dan pembangunan infrastruktur dalam skema PGII. Sebagaimana yang telah diumumkan bulan Juni tahun ini, AS akan menggelontorkan pendanaan yang mencapai nilai 600 miliar dolar AS untuk pembiayaan investasi dan infrastruktur di berbagai negara.

Berbagai wacana tentang proyek transisi energi berbasis teknologi turut mewarnai pembicaraan Menko Airlangga dan APNSA Sullivan, antara lain percepatan transisi energi ramah lingkungan dan sumber-sumber potensial energi terbarukan lainnya.
“Kami memandang perlunya kerja sama dalam penerapan teknologi mutakhir yang ramah lingkungan, pengembangan industri berbasis teknologi untuk mendukung transformasi digital, dan pembangunan pembangkit listrik dalam kawasan ekonomi hijau,” tegas Airlangga.

BACA JUGA:  Suara Dentuman Tadi Malam di Jakarta Viral, Gambaran Citra Satelit Himawari pun Diungkap

Sumber: RMOL.ID