Arus Mudik Lewat Laut Diprediksi Meningkat

CEO Bali Nusra, Pelindo III, Wayan Eka Saputra

BENOA, MENITINI.COM–  CEO Regional Bali dan Nusa Tenggara Pelindo III, I Wayan Eka Saputra menjelaskan Pelindo menyiapkan sembilan terminal untuk penumpang mudik dan arus balik Lebaran 2019.  

Ada Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi, Pelabuhan Benoa, Bali.  Sementara di Nusa Tenggara Timur ada Pelabuhan Tenau Kupang, Ende-Ippi, Kalabahi, Waingapu, Maumere serta untuk wilayah Nusa Tenggara Barat terdapar Pelabuhan Lembar dan Bima.

Menurutnya, sarana dan prasarana pendukung terminal penumpang kapal laut tersebut disiapkan guna memberikan pelayanan prima pada masa angkutan Lebaran tahun 2019 ini.  “Arus mudik transportasi laut diprediksi terjadi mulai H-9 hingga H+6 Lebaran. Untuk wilayah regional Bali Nusa Tenggara, angkutan laut memang diminati untuk moda transportasi penumpang maupun barang, karena wilayahnya yang terdiri dari pulau-pulau kecil,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya , Jumat (31/5/2019)

BACA JUGA:  Kemenparekraf Segera Teken MoU dengan Bali Waste Cycle

Pria kelahiran Kabupaten Bangli ini memaparkan, jumlah pemudik (naik dan turun) menggunakan kapal laut yang melalui pelabuhan di regional tersebut sejak H-15 hingga H-9  pada masa angkutan Lebaran 2019 tercatat sebanyak 20.780 penumpang.

Jumlah penumpang embarkasi (naik) dan debarkasi (turun) terbanyak berada di Pelabuhan Kupang yakni sebanyak 8.671 orang, diikuti oleh Pelabuhan Maumere, Bima, Benoa, dan Tanjung Wangi.

“Biasanya penumpang dari daerah memilih datang lebih awal untuk menghindari membludaknya jumlah pemudik diakhir Ramadhan/menjelang hari raya Idul Fitri. Jika hal itu terjadi, Pelindo III tetap mengantisipasi dengan mengatur alur proses penumpang ke terminal penumpang agar penumpang tetap aman dan nyaman,” kata Wayan Eka poll

BACA JUGA:  Bayi dari Yogyakarta Bawa Kabar Gembira, Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*