Apakah Anda Pengguna HP OPPO? Begini Perjalanan Sistem Operasinya ColorOS

beberapa versi colorOS

Tahukah kamu tentangColorOS? ColorOS adalah sistem operasi yang diluncurkan oleh OPPO yang dibuat berdasarkan Android, yang mencakup 74 bahasa, mendukung 140+ negara dan wilayah, dan memiliki lebih dari 370 juta user aktif bulanan di seluruh dunia.

ColorOS merupakan salah satu sistem operasi ponsel paling populer di dunia yang diperuntukkan hanya untuk pengguna setia smartphone OPPO. Versi pertama ColorOS diluncurkan pada September 2013. OPPO telah merilis banyak smartphone Android sebelumnya, tetapi perangkat lunak pada perangkat tersebut tidak memiliki judul yang tepat. Itu bukan stok Android, tetapi OPPO tidak memberi label sebagai ColorOS. Pada tahap awal tersebut, versi ColorOS 1.0 didasarkan pada Android 4 Jellybean.

BACA JUGA:  POCO Bersiap Rilis Ponsel M Series, Khusus untuk Generasi Z

Selama bertahun-tahun, OPPO meluncurkan versi baru skin ColorOS bersama dengan versi resmi baru dari sistem operasi Android. Pada November 2019, OPPO membuat hal-hal yang cukup membingungkan dengan mengumumkan bahwa ColorOS 6.7 akan melompat ke ColorOS 8. Bahkan, OPPO meluncurkan versi yang dapat diinstal dari perangkat lunak ini. Namun akhirnya, perusahaan membatalkan rencana ini dan beralih ke roadmap ColorOS 7.

Untuk membuat segalanya tidak membingungkan, pada tahun 2020 OPPO mengungkapkan bahwa mereka akan mengadopsi skema penomoran yang sama dengan versi Android yang dikeluarkan oleh Google. Dengan demikian, ColorOS melonjak dari v7 ke v11 dengan peluncuran Android 11. Pada tahun 2021, kami melihat ColorOS 12 diluncurkan ke pasar berdasarkan Android 12, dan Color OS 13 akan diluncurkan setelah Android 13 yang keluar pada tahun 2022.

BACA JUGA:  Realme Pad mini akan diboyong ke Tanah Air