Rabu, 29 Mei, 2024
Villareal Matahelamual

Villareal Matahelamual. (Foto: Istimewa)

AMBON,MENITINI.COM-Villareal Matahelamual, yang biasa disapa Aril adalah Putra seorang nelayanan asli Maluku yang saat ini sedang menempuh pendidikan sebagai Taruna Akademi Kepolisian di Semarang. Putra Tunggal dari Reza Matalehamual dan Viela Lizete Matahelumual, lahir di Kota Ambon 4 Juli 2004 merupakan alumni SMA Negeri 5 Ambon Tahun 2021.

Menurutnya, menjadi Taruna Akademi Kepolisian adalah cita-cita Aril sejak masih duduk di bangku SMP. Berawal dari melihat kakeknya yang merupakan Purnawirawan TNI Angkatan Laut, Aril tetarik dengan dunia militer, keinginan Aril ini didukung oleh orang tua dengan memberikan dukungan dan support. “Saya sering memperlihatkan video-video sekolah kedinasan pada Aril, baik itu Akademi Militer, AAL, AAU dan Akademi Kepolisian untuk menanamkan motivasi dan semangat pada Aril,” jelas orang tua Aril, Selasa (9/5/2023).

BACA JUGA:  Satgas Pangan Polri Awasi Distribusi Bahan Pokok

Kesungguhan Aril untuk menggapai cita-citanya dimulai ketika Aril lulus SMP Negeri 9 Ambon pada Tahun 2018 dan mengikuti seleksi masuk SMA Taruna Nusantara di Magelang, namun saat itu Aril belum berhasil. Hal ini tidak menyurutkan cita-citanya, Aril malah semakin bertekad untuk membuktikan kepada orangtuanya bahwa Aril akan masuk menjadi Taruna.

“Saya sampaikan sama Aril, apabila memang adek minat, adek harus serius dan fokus untuk belajar dan latihan, karena ini tes Taruna dan ini tidak mudah, kita ini hanya orang biasa, adek tau kalo kita dari latar belakang orang biasa jadi adek harus persiapkan diri dengan baik” ungkap orang tua Aril, yang sehari-hari berprofesi sebagai Nelayan.

BACA JUGA:  Peluncuran Kemitraan Pendidikan Dasar Australia-Indonesia Fase Ketiga

Aril sendiri merupakan salah satu siswa berprestasi di SMA Negeri 5 Ambon, selain mengikuti kelas akselerasi, Aril juga selalu mendapatkan ranking di kelasnya. “Aril itu anak yang tekun, mulai dari SMP sampai dengan SMA dia rajin melatih fisiknya, setiap hari dia lari disela waktu les di sore hari.” ucapnya mengisahkan.

Kesungguhan Aril mempersiapkan diri untuk menggapai cita-citanya membuahkan hasil, Aril dinyatakan lulus seleksi Penerimaan Calon Taruna Akademi Kepolisian Tahun 2022 melalui Panitia Daerah Maluku, dan saat ini merupakan Taruna Tingkat 1. Reza Matalehamual menyampaikan proses penerimaan Polri yang dilaksanakan Polda Maluku sangat baik, “Kami orangtua para Calon Taruna bisa mengetahui hasil dan nilai yang diperoleh anak kami ketika seleksi, bahkan pada saat perangkingan yang dipimpin langsung Kapolda Maluku semua nilai seleksi ditayangkan dan bisa disaksikan oleh seluruh peserta seleksi maupun orangtua”, tandasnya.

BACA JUGA:  Polri Kawal Pengamanan di Penginapan Delegasi WWF di Bali

Reza juga mengharapkan akan ada lagi putra-putri asli Maluku yang lulus dan diterima mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian, “selain menjadi kebanggan orangtua dan keluarga, tentunya menjadi kebanggaan warga Maluku” tutupnya. (M-009)