Sabtu, 18 Mei, 2024

AIR Danau Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Minggu (21/4) terlihat berubah warna. Air yang semula biru tampak berwarna hijau. Perubahan warna diduga karena ada letupan belerang. (Foto: M-003)

BANGLI,MENITINI.COM – Air Danau Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Minggu (21/4/2024) terlihat berubah warna. Air yang semula biru tampak berwarna hijau. Perubahan warna diduga karena ada letupan belerang, namun intensitasnya kecil.

Berdasarkan pantauan, warna air Danau Batur tampak hijau di sejumlah bagian. Sementara dari pemantauan di lokasi tempat permandian air hangat Batur Water Park, tampak ada ikan kecil-kecil mati di pinggir danau. Sebagian ikan juga tampak ke permukaan untuk mencari oksigen. Namun, belum jelas apakah kematian ikan karena faktor perubahan air atau sebab lain.

Petani ikan asal Desa Buahan, I Made Antara, Senin (22/4/2024) mengakui sempat terjadinya fenomena semburan belerang. Namun, hanya berlangsung sekejap, sehingga tidak membahayakan ikan milik petani. “Ya sempat ada, namun kini sudah normal. Ikan-ikan masih aman,” tutur mantan Perbekel Buahan ini.

BACA JUGA:  Pengaman Pantai Pebuahan, Jembrana Mulai Dikerjakan Bulan Ini

Salah seorang petani ikan di wilayah Seked menambahkan, kondisi air di wilayah tersebut masih aman. Tidak terjadi hal yang menakutkan. “Kondisi air normal, aktivitas penghobi mancing masih tetap normal,” sebutnya.

Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma, berujar mendapat informasi adanya perubahan warna air Danau Batur itu. Dia pun melakukan pengecekan ke sejumlah kelompok tani ikan. Menurut mereka, kondisi air Danau Batur masih aman. “Menurut petani kondisi Danau masih aman. Belum ada laporan hal yang membahayakan ikan,” ucapnya di kesempatan terpisah. (M-003)