Minggu, 26 Mei, 2024

Ribuan Siswa menyanyi bersama Edukasi Cinta Rupiah. (Foto: M-007)

DENPASAR,MENITINI.COM-Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mencatatkan rekor MURI Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah. Pencatatan rekor MURI dilakukan dengan menyanyikan lagu “Cinta Bangga Paham Rupiah Untuk Indonesia“ yang diikuti oleh 246 sekolah mulai dari TK, SD, dan SMP dengan melibatkan sebanyak 85.083 orang pelajar dan guru di Kota Denpasar. Selain melalui lagu, rekor MURI juga dicatatkan melalui pagelaran Tari Legong oleh pelajar terbanyak yang diikuti oleh 5.027 pelajar di Kota Denpasar.

Penyelenggaraan rekor MURI ini bertujuan untuk mengakselerasi Gerakan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah secara masif di seluruh Indonesia khususnya Provinsi Bali, melalui karya dan kreativitas dalam bentuk lagu sehingga mudah diingat oleh masyarakat. Selain itu, edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia bahwa pengetahuan mengenai kekayaan alam serta seni dan budaya Indonesia dapat juga dilakukan melalui uang Rupiah. 

BACA JUGA:  Kemeriahan Holly Festival di Lapangan Puputan Badung

Pencatatan rekor MURI tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, Komisi III DPRD Kota Denpasar,  Eko Supriadi, Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Denpasar, A. A. Gede Wiratama; Kepala Sekolah SMPN 2 Denpasar, Gusti Agung Seniwati, serta siswa-siswi sekolah dan tenaga pendidik se-Kota Denpasar. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Denpasar Education Festival (DEF) hasil kolaborasi Bank Indonesia Provinsi Bali dengan Dinas Pendidikan Kota Denpasar. Kegiatan DEF terdiri dari pameran pendidikan, lomba karya tulis untuk guru, lomba story telling tingkat SMP, lomba mewarnai tingkat SD, dan lomba kreativitas dengan di tingkat PAUD.  

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyampaikan apresiasi terselenggaranya acara yang bersejarah bagi Kota Denpasar. ”Pencatatan rekor MURI melalui lagu edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan Tari Legong, sungguh menjadi bukti nyata kolaborasi dan semangat bersama antara Kota Denpasar dengan Bank Indonesia untuk memajukan pendidikan”, ujar Arya Wibawa.

BACA JUGA:  Tiga Besar Pasar Wisatawan untuk Bali, Australia Nomor Satu, Menyusul China dan India

Disamping itu, Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri menyampaikan bahwa pencatatan rekor MURI ini sejalan dengan tema Hardiknas 2024 “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar“. Lebih lanjut, Yusuf menjelaskan bahwa penyerahan plakat penghargaan rekor MURI akan diserahkan pada tanggal 7 Mei 2024. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, menyampaikan bahwa para pelajar merupakan pewaris dan penerus perjuangan bangsa. Erwin mengajak seluruh pelajar untuk dapat bersama-sama menggaungkan semangat Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

“Semangat tersebut diwujudkan melalui perilaku merawat Rupiah dengan baik, selalu gunakan Rupiah di setiap transaksi, membelanjakannya sesuai kebutuhan agar stabilitas ekonomi terjaga, serta membiasakan anak didik kita agar gemar menabung demi masa depan dan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan”, ucap Erwin. Lagu Cinta Bangga Paham Rupiah diciptakan oleh Kelik Asmoro, yang merupakan pegawai Bank Indonesia Provinsi Bali. 

BACA JUGA:  DPR RI Dorong Bali jadi Destinasi Wisata Premium

Pencatatan MURI Edukasi CBP Rupiah melalui lagu dan penampilan Tari Legong secara serentak ini diharapkan mampu membangun semangat nasionalisme dan patriotisme para pelajar melalui Rupiah sebagai wujud kecintaan kepada bangsa dan negara. Bank Indonesia akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi bersama Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara sedini mungkin melalui nilai-nilai Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. M-007

  • Editor: Daton

TERKAIT