Turis yang Nginap di Puri Santrian Tertarik dengan Klas Yoga

Turis yang menginap di Puri Santrian Sanur mengikuti kelas yoga yang disiapkan pihak hotel dengan instruktur Ida Bagus Candi

SANUR, MENITINI.COM — Beragam paket yang ditawarkan memanjakan wisatawan yang menginap di akomodasi wisata. Baik untuk hotel klas bintang lima atau boutique and resort di Bali.

Ada yang menawarkan spa dan massage gratis, ada paket tour sehari, ada juga meditasi gratis dan variasi paket lain yang “include” dengan akomodasi.

Di Puri Santrian Sanur misalnya.  Salah satu paket yang disuguhkan kepada wisatawan yang menginap adalah klas yoga setiap pagi dari pukul 07.00-8.30 Wita. Instruktur dan guru yang melatih pun bukan saja profesional tapi reputasi sebagai guru yoga sudah terkenal, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Advertisements
Aksi gerakan yoga Gus Candi usai melatih

Dia adalah Ida Bagus Candi, guru yoga sekaligus pendiri Yoga Seger Oger yang anggotanya  di Bali sudah mencapai ribuan orang dan punya korwil di beberapa wilayah  “Klas Yoga di Puri Santrian untuk in house guest(tamu yang menginap di hotel tersebut-red) sejak tahun 2012.  Tiap hari, mulai dari pukul 07-8.30 Wita. Juga tergantung tamunya. Kalau mereka capek, ya sampai pukul 08.00. Kalau lagi semangat bisa sampai dua jam. Setelah yoga, tamunya langsung sarapan,” kata Gus Candi sapaannya, Jumat (13/9/3019).

Untuk perlengkapan matras yoga sudah disiapkan hotel, dan dibatasi  sampai 20 matras sehingga lebih mudah instruktur melihat gerakan, apakah sudah sesuai atau belum. Karena tamunya semua orang asing,  mantan Duty Manager Puri Santrian ini menggunakan bahasa Inggris saat melatih. Sambil meliput, wartawan koran ini juga ikut yoga.  “Memang matras dibatasi 20. Tapi tergantung juga, kalau tamunya banyak, ya disesuaikan. Karena suka dengan klas Yoga di Puri Santrian, ada tamu yang khusus datang ke Puri Santrian hanya untuk mengikuti yoga (repeater guest-red),” ujarnya.

Turis konsentrasi berlatih di klas yoga

Menurut Gus Candi, banyak tamu yang suka, bahkan mereka mengikuti dengan sunguh-sungguh, karena yoga berproses pelan antara pikiran, gerak dan nafas. “Banyak yang sembuh karena yoga, karena gerakan dan nafas bagian dari teraphy terhadap tubuh. Hal ini yang dirasakan tamu, sehingga tamu yang pernah ikut klas yoga dan sembuh, pasti datang lagi ke Puri Santrian. Ada juga tamu yang secara khusus memesan melalui travel agentnya, Asian Trail, untuk paket yoga,” kata pria yang sudah belasan tahun bekerja di Puri Santrian.

Menurut Gus Candi, dirinya mengikuti meditasi dan yoga sejak usia 25 tahun. Dan di usianya yang 62 tahun ini sudah banyak instruktur yoga ternama di Bali, lahir dari tangan dingin Gus Candi. Selain rutin melatih yoga tiap pagi di Puri Santrian, Gus Candi juga melatih di Bitra Gianyar, Seger Oger di timur monumen Bajra tiap hari Selasa sore. 

Gerakan yang sederhana namun memberi efek bagi kebugaran tubuh

“Prinsip yoga, jangan memanjakan tubuh dan jangan memaksakan tubuh. Hormati keterbatasan tubuh kita masing-masing. Kita sama-sama masih belajar.Saya melatih dan membagi ilmu kepada orang yang mau dan serius untuk berlatih. Intinya, setiap gerakan dalam yoga, pernapasantetap dijaga sehingga tubuh rileks dan tak salah dalam berlatih,”ujarnya sembari mengingatkan Indonesia dan dunia perlu memasyarakatkan yoga dan meyogakan masyarakat. pol

BACA JUGA:  Enam Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*