Kamis, 18 Juli, 2024

Armada Damkar Gianyar memadamkan api di TPA Temesi Gianyar. (Foto: Istimewa)

GIANYAR,MENITINI.COM-Setelah sebelumnya TPA Suwung, Denpasar dan TPA Mandung Tabanan terbakar, kini TPA Temesi juga terbakar, Senin (16/10/2023). Namun kebakaran tersebut dengan cepat bisa ditangani oleh Damkar Gianyar.

Dua unit mobil damkar dengan 12 orang personil dikerahkan untuk memadamkan api. Luas hamparan sampah yang terbakar mencapai 3 are. Hingga pagi proses pendinginan masih berlangsung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar, Ni Made Mirnawati, membenarkan kejadian tersebut. Api pertama kali diketahui oleh petugas yang patroli di lapangan. Kemudian DLH menerima laporan dari Perbekel Lebih dan juga masyarakat.

“Mulai musim kemarau ini petugas selalu berpatroli dari sore hingga dini hari, untuk mengantisipasi kebakaran,” ujarnya. 

BACA JUGA:  KKP Edukasi Siswa SD untuk Kelola Sampah Plastik

Disebutkan, yang terbakar berada di barat daya TPA. Alat berat yang berada di posisi tersebut langsung dievakuasi.

“Hingga kini masih dilakukan pendinginan. Kita tidak tau sampah di bawahnya seperti apa, apa masih ada api atau bagaimana,” ujarnya. 

Sebenarnya DLH Gianyar telah melakukan antisipasi dengan melakukan penyiraman air dibantu Damkar dan penyemprotan eco enzym secara berkala.

“Jadwal penyemprotan ec enzym padahal hari ini, sudah terburu kebakar,” ucapnya. Sementara pembuangan sampah yang dibawa oleh truk per hari ini dipindahkan ke sisi utara.

“Kita tidak stop pembuangan sampah. Mohon doanya nggih, semoga tidak meluas dan lancar, berkat sigapnya pihak Damkar dan petugas patroli,” harapnya. (M-003)

BACA JUGA:  Sampah Kayu Sumbat Jembatan Yang Biasa Dilewati Siswa Sekolah Luar Biasa, Khawatir Jadi Sarang Nyamuk

Editor: Daton