Minggu, 26 Mei, 2024

Desa Wisata Pengelipuran. (Foto: Net)

BANGLI,MENITINI.COM-Desa Wisata Pengelipuran, Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli, Bali menarget kunjungan wisatawan lima ribu dalam sehari pada liburan lebaran.

Menajer Pengelola Desa Wisata Penglipuran  I Wayan Sumiarta, mengatakan target sebanyak itu tidaklah berlebihan. Pasalnya, berdasarkan data kunjungan  wisatawan tahun sebelum pada hari Raya Lebaran, kunjungan mencapai  4.500 seharinya. 

“Berdasarkan data kunjungan tahun lalu, maka target kunjungan tahun ini kita naikan menjadi lima ribu orang wisatawan sehari,” ungkapnya, Minggu (7/04/2024). 

Target kunjungan wisatawan sebanyak itu, katanya juga tidak lepas dari berbagai penambahan atau  penataan yang pihaknya lalukan. Pada tahun ini, ada sesuatu yang baru yang ditawarkan untuk wisatawan yang berkunjung ke Penglipuran, seperti pengelolaan hutan bambu, yang kini juga disediakan spot foto. Selain itu, juga ada sensasi  makan siang di hutan bambu dan pihaknya juga siap memanjakan wisatawan yang  ingin menikmati Penglipuran namun enggan jalan-jalan dengan menyediakan shutle.

“Kita sekarang siap antar jemput wisatawan yang tidak bisa jalan atau malas jalan-jalan,” terangnya.

BACA JUGA:  Patung Speed Jokowi Jadi Daya Tarik Wisatawan di Mandalika

Sumiarsa memprediksi kunjungan mulai akan merangkat naik per tanggal 8 April. Sementara puncak kunjungan akan berlangsung  tanggal 11 sampai dengan 14 April.

“Saat liburan nanti kita meyediakan atraksi wisata budaya yang disuguhkan anak-anak muda Penglipuran.  Sementara untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan kita telah melengkapi beberapa sains,” ujar Sumiarta.

Dia juga menambahkan,  untuk  penataan arus lalu lintas pihaknya juga menggandeng TNI dan Polri. Mereka juga akan berkalaborasi dengan pecalang Desa Adat Penglipuran untuk menjaga  keamanan wisatawan. 

  • Editor: Daton

TERKAIT