Tak Hadiri KTT G20 di Bali, Putin Digantikan Menlu Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin. (
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP)

MENITINI.COM-Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan tidak akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali. Ketidakhadiran Putin ini dikatakan oleh juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, seperti dimuat Reuters, Kamis (10/11).

“Putin akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang akan mengikuti salah satu pertemuan secara virtual,” kata Jodi seperti dikutip RMOL.ID.

Sebelumnya pada Agustus, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Vladimir Putin telah mengonfirmasi kepadanya akan berpartisipasi dalam KTT G20. Meski begitu, belum diketahui apakah partisipasi itu dilakukan secara langsung atau virtual.

Selama ini, dikutip SCMP, para pejabat Rusia berharap momentum KTT G20 dapat digunakan agar Putin melakukan kontak informal dengan Amerika Serikat dan Eropa. Tetapi Kepala Dewan Urusan Internasional Rusia, Andrey Kortunov meragukan hal itu lantaran Presiden AS Joe Biden yang tampaknya enggan bertemu Putin.
Tujuannya adalah agar Putin dan Biden bertemu, tetapi Biden tampaknya tidak siap untuk ini,” ujar dia.

BACA JUGA:  Berenang Bersama Warga di Desa Bayan, Bang Zul Minta Maaf, Akui Itu Reaksi Spontan

Menjelang KTT G20, Putin menghadapi gelombang kritik keras atas invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022. Hal serupa juga pernah ia alami selama KTT G20 di Australia pada 2014, setelah Rusia menganeksasi Krimea.

Sumber: RMOL.ID