Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran 50,7 Persen, AMIN 22 Persen, Ganjar Mahfud 19,7 Persen

JAKARTA,MENITINI.COM-Survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mennyebutkan elektabilitas pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran mencapai 50,7 persen. Disusul pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan elektabilitas 22 persen dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 19,7 persen. Sementara itu, pemilih yang salah mencoblos 0,7 persen dan yang tak menjawab sebesar 6,9 persen.

“Dari data simulasi kertas suara posisi hari ini ketika kita tanyakan siapa capres dan cawapres yang dipilih, maka angkanya pasangan 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di angka 50,7 persen,” kata Peneliti Senior LSI Denny JA Adjie Al Faraby dalam konferensi pers di Jakarta Timur, Selasa (30/1/2024).

BACA JUGA:  TKN Sebut Hasil Debat akan Dobrak Elektabilitas Prabowo

Adjie Al Faraby menyampaikan untuk pertama kalinya dalam survei yang digelar oleh LSI Denny JA, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran menembus angka 50,7 persen. “Jadi elektabilitas sudah melewati magic number untuk satu putaran yaitu di angka 50,7 persen,” ujarnya.

Selain itu, Prabowo-Gibran juga unggul di pemilih Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN dan PPP.

Pemilih Partai Gerindra mayoritas memilih Prabowo-Gibran dengan angka mencapai 92,3 persen. Lalu, pemilih Partai Golkar yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 68,7 persen. “Demokrat, PAN, PPP dan lainnya mendukung pasangan Prabowo-Gibran,” ujar Adjie. Dikatakan pemilih PPP yang memilih Prabowo-Gibran mencapai 44,7 persen dan Anies-Cak Imin 36 persen.

“Hanya kurang lebih 15,1 persen konstituen PPP yang memilih Ganjar-Mahfud,” ucapnya.

BACA JUGA:  Prabowo Diprediksi Unggul pada Debat Ketiga, Begini Penjelasannya

Adjie menyebut ada 34,6 persen pemilih PDIP yang menjatuhkan pilihan untuk Prabowo-Gibran. Sementara pemilih PDIP yang mencoblos Ganjar-Mahfud hanya sebesar 59,7 persen.

Kemudian, pilihan para pemilih Partai Nasdem parlalel dengan arah partai yakni mendukung Anies-Cak Imin dengan angka 70,8 persen. Hal yang sama terjadi pada pemilih PKS yang mayoritas konsisten memilih Anies-Cak Imin sebesar 87,4 persen. Sedangkan pemilih PKB yang mendukung Anies-Cak Imin 51,4 persen dan 35,4 persen mendukung Prabowo-Gibran.

Survei LSI Denny JA dilaksanakan pada 16-26 Januari 2024. Jumlah sampel 1.200 responden, diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,9 persen.

  • Editor: Daton