Satu Positif Covid-19, 42 Pedagang Test Swab, 10 Diisolasi

Para pedagang Pasar Ikan Gunung Agung, Denpasar, jalani tes swab pada Rabu (10/6).

BALI,MENITINI.COM– Direktur Umum Perusahaan Daerah Pasar Sewakadarma, IB Kompyang Wiranata mengatakan ada 42 orang pedagang di Pasar Ikan Gunung Agung, Kota Denpasar, Provinsi Bali dilakukan swab test (tes usap) setelah sebelumnya ada seorang pedagang dinyatakan positif Covid-19. Swab test sudah dilakukan Rabu (10/6/2020) di Puskesmas II Denpasar Utara.

Kompyang Wiranata menjelaskan,  pelaksanaan tes swab ini sebagai screening (penyaringan) awal setelah ada seorang pedagang Pasar Ikan Gunung Agung yang dinyatakan positif Covid-19. Selain memastikan kondisi kesehatan para pedagang di sekita, juga memberi rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung dan pedagang Pasar Ikan Gunung Agung.

Ia menambahkan, lapak pedagang yang positif ditutup selama 14 hari. Sedangkan untuk pedagang bersebelahan pada radius 5 meter akan ditutup sementara selama tiga hari.   “Ada kurang lebih 10 pedagang yang diisolasi nanti sambil menunggu hasil tes swab. Apabila hasilnya semua negatif maka pedagang di sebelahnya bisa dibuka setelah tiga hari. Untuk mensterilkan lokasi dan seluruh areal pasar kami lakukan disinfeksidengan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari,” ujarnya.

BACA JUGA:  Serangan Teroris di Selandia Baru

Empat Orang Masuk RS Sanglah

Sementara dari RSUP Sanglah dilaporkan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat per Rabu (10/6) tercatat 48 orang. Jumlah tersebut terpantau berkurang dibandingkan sehari sebelumnya.

Dewa Kresna, Kepala Sub Bagian Humas rumah sakit setempat membenarkan ada satu pasien yang dirawat.”Jadi, ada 4 orang pasien yang baru masuk dan 5 orang pasien pulang,” katanya.

Ia menjelaskan pengurangan jumlah pasien Covid-19 tampak di Ruang Nusa Indah dari 18 orang menjadi 15 orang. Namun, di Ruang Mawar ada tambahan dua pasien. “Ruang kamboja dari 6 orang ke 8 orang, sedangkan Ruang Lely terjadi pengurangan dua orang, dari 13 orang menjadi 11 orang,” katanya.

BACA JUGA:  Menggejutkan, 63 Sapi di Bali Positif PMK.

Dewa Kresna tak mau menjelaskan lebih jauh berapa jumlah pasien yang tergolong PDP maupun positif. “Itu otoritas Satgas Covid-19 Provinsi Bali,”katanya singkat poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*