Satelit Satria-1 Sukses Meluncur dari AS

JAKARTA,MENITINI.COM-Satelit Satira-1 milik Pemerintah RI, sukses diluncurkan dari Cape Canaveral Space Launch Complex 40 (SLC 40), Florida, Amerika Serikat Minggu (18/6) pukul 18.21 waktu setempat atau atau Senin (19/6) pukul 05.21 WIB.

Satelit ini akan mengorbit di 146 Bujur Timur (BT), memberikan layanan internet kepada masyarakat Indonesia, terutama di wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T) dengan kapasitas 150 Gbps untuk 50 ribu titik fasilitas publik. Nantinya, kecepatan internet di setiap titik fasilitas publik diperkirakan mencapai 4 Mbps.

Melansir Kantor Berita Politik RMOL, Plt. Menkominfo Mahfud MD mengatakan, Satria-1 akan mempercepat penyediaan internet di desa-desa yang sulit dijangkau oleh teknologi fiber optik selama 10 tahun mendatang. “Prioritas utama penerima akses internet dari strata 1 adalah sektor pendidikan, fasilitas layanan kesehatan, kantor pemerintah daerah, serta TNI dan Polri,” ujat Mahfud MD seperti dikutip RMOL.ID.

Satelit Satria-1 baru akan beroperasi penuh pada Januari 2024 mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai orbit yang dituju dan melaksanakan uji coba selama 145 hari. (M-003)

  • Editor: DRB