Puspenkum Kejaksaan Agung Melakukan Kunjungan Perdana ke AKPI

Puspenkum Kejaksaan Agung Melakukan Kunjungan Perdana ke Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI)
Puspenkum Kejaksaan Agung Melakukan Kunjungan Perdana ke Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI). (Foto: Ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Pusat Penerangan Hukum (Puspenkum) Kejaksaan Agung melakukan kunjungan perdana ke Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) dan berdiskusi dengan pengurus serta anggota dalam rangka koordinasi antar lembaga non-pemerintah, Kamis (3/11/2022).

Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga Stanley Bukara, S.H., M.H. menyampaikan, kunjungan tersebut diharapkan dapat memperoleh masukan dari AKPI atas isu strategis terkait penegakan hukum dan kinerja Bidang Tindak Pidana Khusus serta Pusat Pemulihan Aset dalam upaya pemulihan kerugian keuangan Negara serta asset recovery.

Sementara Sekretaris Jenderal AKPI Nien Raffles Siregar menyampaikan harapannya agar AKPI bisa bersama-sama dengan Puspenkum Kejaksaan Agung memberikan edukasi hukum kepada anggota AKPI di daerah untuk upaya pencegahan dalam penyalahgunaan kewenangan jabatan sebagai kurator pada saat melaksanakan tugas.

BACA JUGA:  Sidang Perkara Minyak Goreng, JPU Hadirkan Lima Orang Saksi

Selain itu, AKPI siap untuk bekerja sama sebagai upaya peningkatan SDM dalam program-program forum diskusi bersama seperti memberikan materi pemahaman kepailitan dan PKPU kepada para calon Jaksa pada saat pendidikan pembentukan Jaksa dan juga AKPI mengundang rekan-rekan Jaksa untuk menjadi pembicara ataupun pemateri serta menawarkan kesempatan kepada teman-teman Jaksa yang berminat untuk bisa mengikuti pelatihan pendidikan kurator setiap tahunnya.

Ketua Umum AKPI Imran Nating S.H., M.H. menyampaikan bahwa pengurus dan anggota kurator yang tergabung dalam AKPI berharap kunjungan perdana Puspenkum Kejaksaan Agung dapat menjadi momentum komunikasi hukum antar lembaga sebagai upaya mendukung kinerja Kejaksaan RI. Ketua Umum AKPI juga berharap dapat berkolaborasi dengan Kejaksaan RI dalam menjalankan tugas sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang RI Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.

BACA JUGA:  Wabup Ipat Pimpin Bhakti Penganyar di Pura Kahyangan Jagat Gunung Raung Taro Gianyar

Kunjungan dan diskusi antara Puspenkum Kejaksaan Agung dengan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. (RLS/RLS/K.3.3.1)