Presiden Jokowi Bertemu Presiden FIFA

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden FIFA
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden FIFA. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden FIFA Gianni Infantino sepakat Tragedi Kanjuruhan tidak akan terulang lagi di Indonesia. Presiden Jokowi, Selasa (18/10) bertemu dengan Infantino di Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya membahas soal transformasi sepak bola nasional pasca Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang.

“Hari ini saya bertemu Gianni dan kami berbicara tentang tragedi di Malang 1 Oktober 2022, kami berdiskusi detail dan Presiden FIFA mengungkapkan duka kepada keluarga korban da menyampaikan kepedulian atas tragedi yang terjadi,” kata presiden Jokowi.

“Kami sepakat tragedi ini adalah pelajaran untuk sepak bola Indonesia dan dunia sepak bola. Dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali, jangan sampai kegembiraan penonton berujung duka dan malapetaka,” sambungnya.

BACA JUGA:  MU Lepas Telles dan Bailly

Kedatangan Infantino ke Jakarta merupakan lanjutan atas rencana besar transformasi sepak bola Indonesia terkait buntut dari kasus tragedi Kanjuruhan.

Presiden Jokowi dan Infantino memastikan transformasi sepak bola Indonesia yang merupakan kerja sama antara FIFA, AFC, pemerintah, dan PSSI.

“Kami juga bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA, baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya.”

“Untuk itu kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,” terang Jokowi.

Sumber: CNN Indonesia

BACA JUGA:  Pawai Suporter Sepak Bola Dunia, Pendukung Tim Belanda di Aru